Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA TOMAT




SEKILAS TENTANG TANAMAN TOMAT

             Menanam /budidaya tomat, Tomat atau  (Lycopersicum esculentum) merupakan tumbuhan perdu, dapat tumbuh dimana saja ,asal  tanah yang ditumbuhi mengandung  bahan organic .tumbuhan tomat dimanfaatkan  buahnya  untuk sayur ,buah dan lalapan,serta untuk bahan kecantikan,tomat dapat tumbuh sampai ketinggian 1200 m dpl tinggi tanaman tomat antara 1 sampai 2 meter ,tergantung tanah  yang ditempati.Tanah harus mengandung humus,bahan organic ,tanah vulkanik.suhu udara untuk pertumbuhan  24-30 derajat celsius.Ph tanah 5,6 -7 serta pengairan yang baik.
                  

                             
PENANAMAN TOMAT

PERSIAPAN LAHAN

            Gemburkan lahan/tanah sawah dengan dibajak sedalam 20cm- 30 cm.Untuk lahan yang sudah gembur  buat bedengan kasar dengan tinggi 25cm – 30cm, lebar  bedengan  80cm – 90cm ,jarak bedengan  50cm – 60cm.Tebarkan kompos dari kotoran ayam/ bokasi kebedengan  dengan takaran 5 ton/ha,tebarkan pula pupuk dasar  yang terdiri dari NPK,Phospat. Haluskan/ bentuk  bedengan  agar semua pupuk dasar maupun bokasi terpendam dalam bedengan.Buat permukaan bedengan melengkung (geger welut) agar pemasangan mulsa dapat mudah dan rapat.Pasang mulsa pada permukaan bedengan kemudian jepit  ketanah bagaian tepi  dengan sumbit (bilah bambu yang dianyam).

                          
                                      Gb1 .pembuatan bedengan dan pemasangan mulsa

PEMILIHAN BIBIT DAN PERSEMAIAN TOMAT

             Persemaian dan pemilihan bibit baca di "Cara membuat persemaian bibit tanaman"

 
PENANAMAN TOMAT

             Untuk penanaman tomat ,Genangi parit dengan air setunggi  ½ dari tinggi bedengan , memudahkan mulsa untuk di lubangi dan memudahkan  penanaman .Lubangi mulsa dengan jarak 50cmx 60cm ,masukan benih yang sudah berumur 25 hari  kedalam lubang mulsa ,bila bagaian bawah polybag sudah berlubang langsung masukan bibit beserta polybagnya dan robek bila masih utuh agar akar dapat berkembang ketanah .







  
      Gb.2 lubang bedengan dengan jarak 60cm dan tanaman tomat umur 3 hst













PEMUPUKAN TOMAT

Pemupukan dasar                                                                                                                                           pemupukan ini dilakukan pada saat olah tanah sebelum bedengan dikerjakan ,agar pupuk dasar terpendam dalam bedengan. Komposisinya : Phonska 120 kg/ha,  ZA 150 kg/ha, phospat 100 kg/ha.
Pemupukan lanjutan   1
        Pemupukan ini dilakukan pada saat tanaman umur 7 hst – 35 hst ,dengan cara  campuran air dan pupuk dikocorkan kelubang  tanaman dengan takaran 200ml – 250 ml setiap lubang tanaman. Komposisi : NPK  35 – 45 kg/ha,insektisida berbahan aktif karbofuran 7kg/ha.pemupukan ini dilakukan 1 minggu sekali. Untuk pemupukan minggu 2,3,4,5 sudah tidak memakai insektisida .               fungsi  insektisida  untuk membasmi  hama yang ada didalam tanah.
Pemupukan lanjutan 2
            Pemupukan dilakukan pada saat tanaman umur 35 hst dan seterusnya .  komposisi : NPK  280 kg/ha atau campuran Phonska + ZA  300 kg/ ha .
  Cara pemupukan : tanah ditugal sedalam 5cm pupuk dimasukan kedalm lubang kemudian ditutup dengan tanah. Jarak pupuk dengan batang tanaman sekitar 5cm. pemupukan dilakukan dengan interval 10 – 15 hari.


PEMELIHARAAN TOMAT

           Penyiangan dan pembersihan gulma dilakukan 2 minggu sekali.  Penyiraman dilakukan 10 hari – 15 hari sekali setelah pemberian pupuk  atau apabila tanah bedengan terlihat kering.  caranya  parit dialiri air 1/2 dari tinggi bedengan. Pemasangan tajuk dilakukan ketika tanaman berumur 15 hst .Tinggi tajuk 150cm – 200 cm .Pasang tali/gawar untuk menahan batang tanaman agar batang tidak patah dan daun dapat berkembang leluasa.

                       


                                             Gb.3 Tanaman tomat umur 48 hst

HAMA DAN PENYAKIT TOMAT

          Hama yang terdapat pada tanaman tomat antara lain :Ulat tanah (Agrotis ipsilon Hufn.)  Ulat Buah Tomat( Helicoverpa armigeraHubn.)Ulat grayak (spodoptera litura), Kutu kebul (Bemisia tabaciGenn.) Lalat penggorok daun (Liriomyza huidobrensis Blanchard) penanggulangan semprot dengan insektisida ber bahan aktif :Abamectin,Imidakloprit,Sipermetrin.
           Penyakit yang menyerang tanaman tomat antara lain: Bercak daun (Cescospora sp), Layu bakteri (Pseudomonas solanacearum),Antraknos, Layu Fusarium ( Fusarium oxysporum), Penyakit Embun Berbulu (Peronospora parasitica)  Penanggulangan semprot dengan fungisida berbahan aktif : Mankozeb,Propinep,Oksitetrasiklin.


PEMANENAN TOMAT

          Tomat mulai dapat di panen umur 55-60 hst .Buah yang siap dipetik berwarna kuning kemerah merahan (kuning semburat merah) .panen dilakukan dengan interval 3-4 hari.Panen dapat dilakukan sampai 20 x panen dalam satu kali budidaya, tergantung jenis  varietas dan perawatan. Potensi hasil panen mencapai 45 – 50 ton/ha.

                 
                     Gb.4 buah tomat siap dipetik ,umur tanaman tomat 55hst.

Demikian artikel tentang cara menanam / budidaya tomat .Semoga bermanfaat 



1 Response to " CARA MENANAM / BUDIDAYA TOMAT"

  1. Tulisannya tentang budidaya tomat nya mendetail tapi sayang ada beberapa hal yang saya rasa kurang mendalam. Terutama dalam tahapan budidaya tanaman tomat.

    Sebagai refrensi aja nih pak, bisa kunjungiLink Berikut

    ReplyDelete