Latest News

BUNGA KITOLOD MENYEMBUHKAN MATA RABUN, SILINDER, KATARAK, PLUS MINUS.




BUNGA KITOLOD/PITOLOD /KEMBANG JANGAR

          Tanaman kitolod atau kembang jangar / bunga bintang lima  ini tumbuh liar di semak – semak ,ditepi jalan ,dipinggir selokan.seolah terabaikan tak ada manfaatnya  . Baru sadar , Tuhan menciptakan apapun pasti ada hikmah dan manfaatnya , ternyata bunganya mempunyai khasiat yang luar biasa untuk mengobati berbagai penyakit mata seperti silinder,katarak,rabun jauh ,rabun dekat, mata minus ,plus ,nyeri dan perih pada mata .



                   

          Teman saya mengatakan bunga bintang lima (kitolod) karena jumlah kelopaknya lima ( mungkin begitu)  karena pengalaman dia dengan bunga ini tak pernah  terlupakan yaitu penyakit mata silinder si budi. Anaknya yang masih kelas 4 SD harus memakai kacamata dan terlihat tak nyaman.setelah dioboti dengan bunga kitolod dengan cara ditetesi  air celupan bunga kitolod secara rutin hingga beberapa bulan, akhirnya   sembuh . Ternyata setelah membaca buku tentang obat herbal, bunga kitolod didalamnya ada  senyawa seperti politerol, alkaloid, flavonoid, dan samponi yang dapat mengobati beberapa penyakit mata.


Untuk pengobatan caranya :

1.                 Petik bunga kitolod beberapa tangkai ,kemudian masukan ke dalam gelas  yang berisi air bersih, diamkan beberapa menit.


           

2.                 Kemudian ambil ,teteskan ujung tangkainya pada bagian mata kanan dan kiri (masing-masing  dua  tetes) atau pada bagian mata yang sakit saja.





3.                 Pada saat penggunaan , mata terasa perih dan terasa sepet .itu hanya sebentar ,kemudian lakukan berulang –ulang , minimal 3x sehari.

Rasakan hasilnya beberapa hari kemudian.

Untuk mendapatkan bunga kitolod ,kadang mencari cari kemana -mana tidak ketemu ,lebih baik menanam sendiri di pot /polibag seperti yang saya tulis disini cara menanam kitolod di pot/ polibag


Baca juga :




195 Responses to "BUNGA KITOLOD MENYEMBUHKAN MATA RABUN, SILINDER, KATARAK, PLUS MINUS."

  1. tahan tuk brp hari rendaman bunganya gan?
    thx be for..

    ReplyDelete
  2. bunganya tahan 1- sampai 2 hari, untuk lebih simpelnya , ambil bunga lebih banyak 10 - 15 buah lalu rendam pada gelas , diamkam 1 hari ,selanjutnya ambil airnya dan tempatkan di botol bekas obat tetes mata , tinggal dipakai tiap hari .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Air rendamannya tahan brp hr?
      Selama pengobatan tetap memakai kaca mata gpp kan?

      Delete
    2. kalo bunganya tahan 1 hari , tapi airnya bisa di pakai berkali-kali ( misal bunga di rendam 1 hari trus diambil airnya , di taruh di botol, bekas obat tetes mata ,airnya bisa di pakai berkali -kali)

      Delete
  3. Replies
    1. .sy sdh menggunakan beberapa bulan..sepertinya tidak ada efek samping ..

      Delete
    2. Cius gan ane minus + cylnder
      Mau coba tp insya allah ga ada efek sampingnya gan

      Delete
    3. Kt nya bs bikin buta. Bnr pa gk? Mata q silinder,kl kambuh perih,pns n berair. Br trs enk kl pake kcmta. Tp risih pake kcmta. Td nya mo cb,tp ada yg blg bs mengkibatkan kebutaan. Mn yg bnr? Soalnya mata kan vital

      Delete
    4. Kt nya bs bikin buta. Bnr pa gk? Mata q silinder,kl kambuh perih,pns n berair. Br trs enk kl pake kcmta. Tp risih pake kcmta. Td nya mo cb,tp ada yg blg bs mengkibatkan kebutaan. Mn yg bnr? Soalnya mata kan vital

      Delete
    5. yang saya tulis adalah pengalaman teman sy , anaknya sekarang sudah smp tidak pake kaca mata , ( di tetesi selama 10 bln dengan air bunga kitolod ) kalo nggak percaya boleh datang kerumah , dan bertemu..( saya juga pakai 1 minggu sekali)

      Delete
    6. kalo mata luka , jangan pake dulu , nanti kuatir perih sekali..

      Delete
    7. Mata ku luka. Gimna ini tapi luka x sedekit

      Delete
  4. Bunga tsb tumbuh di daerah mna gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tumbuh disemak disekitar rumah, sawah , disegala tempat bisa hidup.

      Delete
  5. Bisakah ditanam dipot ...?alnya banyak ni disamping rmh...

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. air hangat bisa..tapi saya sering pakai air biasa..

      Delete
  7. Efeknya berapa lama ya? Gmn rasanya stlh memakai tetesan kitolod tsb gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silinder 50 ,ditetesi selama 6 - 8 bulan sembuh ,terasa perih dan sepet / pekat , tp kalo sudah 3 hari terbiasa..agak beda gak terlalu perih..

      Delete
  8. Apakah pangkal bunganya dipotong pada saat mau di rendam

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya ..yg pakai ,saya potong ..

      Delete
    2. Waah pengen coba cari dmana ya tuh bunga....

      Delete
  9. Itu untuk bunganya saja ya bos?klo daun dan batangnya ga bsa dgunakan untuk obat tersebut jg bos?....
    Mtrsuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku udh terlanjur pake daunnya gimana ya mas?

      Delete
  10. itu yg ditetskan air rendaman bunganya atau air teteaan dari tangkainya?

    ReplyDelete
  11. Trus klo buat mata minus biasanya sembuhnya brp bulan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di coba dulu aja mbak , nanti lihat beberapa bulan kedepan.

      Delete
  12. Kalo silinder bisa sembuh ga gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba saja ..harus telaten..rutin...si Budi hampir 10 bulan , sekarang ga pakai kaca mata, trus di cek ke optik yang dulu, ternyata sembuh, heran itu p doktek kok bisa ya..katanya gitu..

      Delete
    2. si Budi berapa kali dalam sehari pakainya gan dalam 10 bln tsb?

      Delete
  13. wah,....terima kasih informasinya..

    ReplyDelete
  14. mas kalo di tetesin langsung air yang keluar dari bunganya apakah boleh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kuat ..tak apa -apa .,tetapi lebih baik dengan air , kalo langsung nanti kuatir nggak kuat nahan ..

      Delete
  15. Sangat bermanfaat.. terima kasih info nya

    ReplyDelete
  16. Saya masih nyari bunganya nih..belum ketemu2...saya sudah amat lelah sekali pakai kacamata, mata saya minus + silinder....apakah cara pakainya harus direndam selama 1 jam...apakah cara pakainya sama sesuai gambar...dari tetesan batang bunganya...

    ReplyDelete
  17. Saya masih nyari bunganya nih..belum ketemu2...saya sudah amat lelah sekali pakai kacamata, mata saya minus + silinder....apakah cara pakainya harus direndam selama 1 jam...apakah cara pakainya sama sesuai gambar...dari tetesan batang bunganya...

    ReplyDelete
  18. Saya masih nyari bunganya nih..belum ketemu2...saya sudah amat lelah sekali pakai kacamata, mata saya minus + silinder....apakah cara pakainya harus direndam selama 1 jam...apakah cara pakainya sama sesuai gambar...dari tetesan batang bunganya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. direndam 2 menit lalu di teteskan selanjutnya di rendam lagi sampai 1 hari gak apapa , enaknya rendam yang banyak 10 -15 bunga dalam 1 gelas , lalu rendam 1 hari ambil airnya dan tempatkan di bekas botol obat tetes mata ( cuci dulu botolnya ), pengalaman anak teman sy ,si Budi di tetesi selama 8-10 bln rutin ,sekarang sdh gak pakai kaca mata .

      Delete
    2. Air rendaman di botol itu bisa dipakai sampai brp bln masa kadaluarsanya?

      Delete
  19. Sdh terbukti kah...apa cara pengobatan ini di anjurkan oleh dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah terbukti seperti artikel diatas..

      Delete
  20. Air rendaman yg ditempatkn di bekas botol obat tetes mata bs dpakai sampai brp bln masa kadaluarsanya?

    ReplyDelete
  21. Please gan bls dong comment sy kmrn, tak tunggu ya? Trims bgt y....

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf barau bisa bales...kalo di taruh di dalm botol , biasanya 10 hari sudah sy ganti soalnya , didaerah saya bunga itu banyak...kalo sampai beberapa bulan ..mending jangan dipakai lah ..pilih yang baru ..kalo ingin nanam mudah kok nanti sy posting artikelnya .

      Delete
    2. Trims bgt ya infonya sgt brmanfaat sx, ya sy jg pingin nanam...

      Delete
  22. Kalo ada yang mau dirumah saya adaa. Gratis aja. Sy di bekasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bekasi nya dimana mba??????
      aku nyari2 ga dapet2 ..

      Delete
    2. bekasi dimana nih, kalo boleh tau

      Delete
  23. Mas kedirinya mana ya bisa minta nope wa ato pin saya tulungagung

    ReplyDelete
    Replies
    1. add aja facebook saya https://www.facebook.com/samujizaky.aufa , nanti saya kasih no hp.

      Delete
  24. Replies
    1. tumbuh disekitar kita , pinggir selokan , pinggir jalan , pinggir sawah, dll

      Delete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. diteteskan 3x sehari, pagi, siang, sore / malam

      Delete
    2. Sorry mas ke hapus comentny..
      Nyari tanamanny susah banget

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Kalo 1 batang doang bungannya apakah bisa mas?

    ReplyDelete
  28. Terimakasih. Semoga ada hasilnya untuk bunda saya.

    ReplyDelete
  29. Nyariny gak ketemu" mas.. susah bener.

    ReplyDelete
  30. mas, mba, kalo nyari tanamannya susah, pake tetes mata "otem" aja. itu komposisinya salah satunya adalah dari bunga kitolod. coba di googling kalo masi belum jelas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih mbak Disti atas informasinya...sebenarnaya mudah kok nyari nya ,

      Delete
    2. maaf,bukan bermaksud menjelekkan produk,,kalau otem sekarang izinnya sudah dicabut.
      kalau kitolod,daunnya jg bisa untuk pengobatan mata,cukup dicelup ke air bersih,lalu teteskan ke mata,atau daun diperas dg air bersih,lalu air perasannya buat tetes mata.
      Mohon diingat!!! jangan terlalu banyak tetes dalam satu harinya. efek ke mata tidak baik bila terlalu banyak tetesnya.
      sedikit,namun continued,,,ana sendiri adalah pemakai yg dulunya minus 2.

      Delete
    3. brti Sekarang udh sembuh mas???

      Delete
    4. sekarang anak yang seperti pada artikel smp klas 2 dan sudah sembuh . add saj di facebook

      Delete
    5. sudah di add kemarin an samujizaky aufa

      Delete
  31. Sy lg masa pembibitan n dah coba bbrapa kali...aje gile perihnya mnta ampun tp kl dah lama' biasa aja

    ReplyDelete
  32. Gan selama pengobatan kan pasti ada efekny untuk mengurangi mata minus dn slinder itu.. jd harus pakai jaca mata gk? Masalahnya mata saya min 4 slinder 2 dh parah.. tolong di jwb gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. efeknya setelah pemakaian beberapa bulan..dipakai tapi sambil di rasakan ada perubahan nggak ..kalo dilepas sudah enak dan tidak perih .. lepas aja ( pengalaman si budi itu ..ditetesi selama 10 bulan ,)

      Delete
  33. Mas saya kediri kota letjend s parman..sampeyan kediri mana ya mas?

    ReplyDelete
  34. Ak dah nyoba baru 3 hari netesin mata dgn rendama bunga itu tp bunga itu masih segar di dlm gelas...tdak apa2 kan kl bunga itu msih ada dalm air..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak apa2 kalo masih segar , tapi masih terasa perih nggak ? kalo stok bunganya banyak, mending di ganti saja .

      Delete
  35. mas,beli bunga kitolod dmn?sy di samarinda

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanaman ini tumbuh liar di sekitar rumah kita.

      Delete
  36. Mas zaky udah pake dari agustus kan? Udah ada efeknya belum nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy pakai bunga ini tidak rutin ,bila mata terasa agak sepet dan kotor ,setelah pakai, terasa jernih

      Delete
  37. Disamping rumah saya ada...mau berbagi tapi gak tau caranya...yg ada ide silahkan..saya di Tarakan..Kalimantan Utara

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih informasinya ,mas Ericson.

      Delete
  38. Sy g nemu bunganya.sy udah pake kaca mata dr smu kls 1. Capek pake kaca mata..

    ReplyDelete
  39. sebenarnya mudah carinya ...kalo nggak ketemu juga , coba ke toko bunga .

    ReplyDelete
  40. di probolinggo banyak tuh bunga... udah terkenal ngobati mata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jg prob... Td dapet d halaman rmh tmn

      Delete
  41. klo mau cepat sembuhnya, ambil 3 bunga kitolod cuci lalu haluskan dengan cara ditumbuk. lalu taruh di mankuk kecil lalu tambahkan air secukupnya. aduk. ambil airnya taruh di alat rendaman mata. lalu rendam mata selama 1 aja. terus diulang sampai gk terasa perih lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih atas tambahhan informasinya ..semoga bermanfaat..

      Delete
  42. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  43. Penggunaanya dalam seminggu berapa hari ?

    ReplyDelete
  44. Wah minimal 3x sehari ya mas?
    Brarti tiap 2 jam pun g masalah ya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul..lebih sering lebih cepat sembuh.

      Delete
  45. Mohon bantuannya..sy tgl di balikpapan.sudah mencari bunga ini..blm ktemu ktemu..mohon di bantu teman2.anak sy usia 3 tahun sudah kena slinder 3.apa bisa pake bunga ini..mohon di bantu..terimakasij

    ReplyDelete
    Replies
    1. di coba diteteskan pada bapak dulu agar bisa tahu rasanya.

      Delete
  46. Efek sampingnya yakin ga ada kah?? Soalnya mata saya minuss... Kebetulan ada tumbuh di samping rumah.. Baru tau lohh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy juga memakai kalo mata terasa kotor , si budi anak di artikel diatas memakai hampir 1 tahun sampai sekarang tak ada masalah .insyaallah tak ada efek sampingnya

      Delete
  47. Sy sdh menggunakan nya sekitar 2 bulan...mata sy sebelah kanan sudah kena katarak
    ...sebelum tidur pada malam hari saya teteskan juga dan pada pagi harinya selalu mengeluarkan kotoran pada mata....Apakah kotoran ini menandakan kalau kataraknya sudah mulai terangkat...? mohon informasi...tak.Sy sdh menggunakan nya sekitar 2 bulan...mata sy sebelah kanan sudah kena katarak
    ...sebelum tidur pada malam hari saya teteskan juga dan pada pagi harinya selalu mengeluarkan kotoran pada mata....Apakah kotoran ini menandakan kalau kataraknya sudah mulai terangkat...? mohon informasi...tks.

    ReplyDelete
  48. Sy sdh menggunakan nya sekitar 2 bulan...mata sy sebelah kanan sudah kena katarak
    ...sebelum tidur pada malam hari saya teteskan juga dan pada pagi harinya selalu mengeluarkan kotoran pada mata....Apakah kotoran ini menandakan kalau kataraknya sudah mulai terangkat...? mohon informasi...tak.Sy sdh menggunakan nya sekitar 2 bulan...mata sy sebelah kanan sudah kena katarak
    ...sebelum tidur pada malam hari saya teteskan juga dan pada pagi harinya selalu mengeluarkan kotoran pada mata....Apakah kotoran ini menandakan kalau kataraknya sudah mulai terangkat...? mohon informasi...tks.

    ReplyDelete
  49. Sy sdh menggunakan nya sekitar 2 bulan...mata sy sebelah kanan sudah kena katarak
    ...sebelum tidur pada malam hari saya teteskan juga dan pada pagi harinya selalu mengeluarkan kotoran pada mata....Apakah kotoran ini menandakan kalau kataraknya sudah mulai terangkat...? mohon informasi...tak.Sy sdh menggunakan nya sekitar 2 bulan...mata sy sebelah kanan sudah kena katarak
    ...sebelum tidur pada malam hari saya teteskan juga dan pada pagi harinya selalu mengeluarkan kotoran pada mata....Apakah kotoran ini menandakan kalau kataraknya sudah mulai terangkat...? mohon informasi...tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba diteruskan harus rutin , mungkin saja kotorannya.

      Delete
  50. Replies
    1. terimakasih juga telah berkunjung.

      Delete
  51. Om.. kata sodara sya.. malah daun nya.
    Bisaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut sy , bunganya yang mujarab

      Delete
    2. ini dibawah ada pengalaman bapak hestu nugroho yang memakai daunnya untuk gurah ( membersihkan mata )khasiatnya ternyata sama dengan bunganya..

      Delete
  52. Oom.. ane nyoba mata jd merah.. bnget itu.. gpp kan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya merah beberapa menit ,mungkin 1 menit .setelah itu normal lagi

      Delete
  53. apakah bunganya harus dicuci terlebih dahulu?
    tolong dijawab ya :)

    ReplyDelete
  54. Pa saya minus 2 ,25 apakah bisa sembuh dengan daun ini ? Lebih baik daunnya atw bunganya ?

    ReplyDelete
  55. Pa saya minus 2 ,25 apakah bisa sembuh dengan daun ini ? Lebih baik daunnya atw bunganya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga cocok , pakai bunganya

      Delete
    2. Pa kalau harus yang dibudidayakan atw yang tumbuh di tempat kotor/liar ?

      Delete
    3. Pa cara pemakaiannya sehari berapa
      Kali atau seminggu berapa kali ?

      Delete
    4. Pa cara pemakaiannya sehari berapa
      Kali atau seminggu berapa kali ?

      Delete
  56. baca artikelnya ..caranya ada diatas..

    ReplyDelete
  57. Pak saya mau tanya kalau mau merendam bunganya itu sama kelopaknya juga apa tidak pak

    ReplyDelete
  58. Pak saya mau tanya kalau mau merendam bunganya itu sama kelopaknya juga apa tidak pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya cara merendam seperti pada gambar diatas

      Delete
  59. Selamat malam pak saya mau tanya, itu pemakaiam beruoang-ulang dalam 3x sehari dengan bunga yg sama atau berbeda? Maksudnya 1 tangkai bunga utk 1x pemakaiam atau bisa 3x pemakaian? Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  60. Mas Samuji sebenarnya pangkal daunnya juga bermanfaat sama dg bunganya, bahkan getahnya banyak, saya testimono sudah sepuluh tahun yll mencoba resep ini, alhamdulillah saya tdk berkacamata.usiaku sdh 60 thn, Maap saya hanya menggunakan resep tradisi (gurah mata dengan pohon Klenger)
    atau Kitolod ini. Data klinis entah ada entah tidak,salam

    ReplyDelete
  61. Mas Samuji sebenarnya pangkal daunnya juga bermanfaat sama dg bunganya, bahkan getahnya banyak, saya testimono sudah sepuluh tahun yll mencoba resep ini, alhamdulillah saya tdk berkacamata.usiaku sdh 60 thn, Maap saya hanya menggunakan resep tradisi (gurah mata dengan pohon Klenger)
    atau Kitolod ini. Data klinis entah ada entah tidak,salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Bapak Hestu Nugroho atas tambahan ilmu dan pengalamannya tentang daun kitolod ,terkadang menunggu tanaman kitolod berbunga membutuhkan waktu agak lama, semoga pengalaman bapak yang baru ini bermnfaat untuk semua pembaca disini, dan sekali lagi saya ucapkan terimakasih

      Delete
  62. Ada herbalnya juga loh,saya pake soalnya,, petihnya sama kyk netesin rendama bunga ataupun daunnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas tambahan informasinya.

      Delete
  63. Terima kasih atas tips nya mas..
    Belekan saya sudah agak baikan..
    😀😀😀

    ReplyDelete
  64. sama- sama, daunnya juga dapat di gunakan sebagai obat mata( pengalaman Bp.Hestu Nugroho ,/koment diatas)

    ReplyDelete
  65. Assalamualaikum Bpk. Hestu Nugroho. alamat emailnya apa ya? sy penderita minus. ingin tahu caranya gurah mata seperti yg Bpk. lakukan selama ini. mhn confirmnya ya Bpk Hestu Nugroho. Dan Thanks jg buat mas samuji blognya sangat2 bermanfaat sekali bagi kita semua ^_^

    ReplyDelete
  66. Assalamualaikum mas samuji zaky. mau tanya mas kl terapy mata minus pakai bunga kitolod ini. kaca mata harus dilepas total atau kaca mata tetep dipakai mas selama terapy?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo si budi cerita diatas , dipakai ,kemudian beberapa bulan di coba dilepas dan merasa pusing, dipakai lagi terus beberapa bulan selanjutnya dicoba lagi dilepas dan ternyata tidak pusing maka terus dilepas dan tidak dipakai sampai sekarang... ( perlu diketahui si budi silinder 25 dan 50 )

      Delete
    2. Emh gitu..... ok thanks banyak mas Samuji Zaky atas info dan sharingnya.... dan sy berdoa semoga bagi kita semua yang sakit mata dg terapy menggunakan bunga kitolod ini bisa sembuh dan normal kembali. krn mata adalah jendela dunia. Amin....

      Delete
    3. Emh gitu..... ok thanks banyak mas Samuji Zaky atas info dan sharingnya.... dan sy berdoa semoga bagi kita semua yang sakit mata dg terapy menggunakan bunga kitolod ini bisa sembuh dan normal kembali. krn mata adalah jendela dunia. Amin....

      Delete
  67. Om zaki..
    Itu bunga kan ada racun nya.. Gpp kalau ada racunnya kita pakai?

    ReplyDelete
  68. Om zaki..
    Itu bunga kan ada racun nya.. Gpp kalau ada racunnya kita pakai?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya racun yang mana mas Frans? saya sering pakai tak apa-apa.

      Delete
  69. Kalo daunnya bs untuk penyembuhan mata atau tdk ya, trus gmn caranya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa , caranya sama seperti bunganya

      Delete
  70. Ternyata susah jga Yach buat budidayakan bunga kitolod coz z sdah 2x beli bibitnya ga" ada yg berhasil tumbuhh, justru mati smua, ga' ada satu pun yg bisa di pake buat dijadiin obat😞

    ReplyDelete
  71. Maaf mas samuji zaky mau tanya itu si budi beneran silinder 25 sama 50?Atau silinder 2,5 sama 5,0 atau 0,25 sama 0,50?Soalnya silinder itu tidak sampai puluhan mas yang ada kalau segitu sudah nggak bisa lihat apa apa mungkin. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata ayahnya begitu, coba besok sy tanyakan lagi ..

      Delete
    2. setelah sy cek hasil tesnya ,Spherical -025, Cylinder -050

      Delete
  72. Mungkin itu maksudnya 0,25 sama 0,5 ya mas?

    ReplyDelete
  73. Gk ada efek kan klo misalnya bunga nya kelamaan di rendam atau di biarkan berjam" . ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy merendam biasanya untuk 2 hari, setelah itu saya ganti baru..

      Delete
    2. kalo stok bunganya banyak ,lebih baik tiap hari di ganti..

      Delete
  74. Kalau untuk penyembuhan katarak bisa gk gan

    ReplyDelete
  75. wah ternyata bunga nya di rendam d air to, pantesan saya kirain bunga nya kalo d petik ada getah nya gt yg buat d tetesin, ternyata gada getah nya, ini saya nyari obat katarak buat burung murai batu saya,,

    ReplyDelete
  76. Ini memang benar & aq membuktikan sendiri, mata minus jd normal & terasa ringan.... Makasih infonya Gan.... Semoga mendapat berkah dariNya.... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas pengalaman / tetimoni-nya, semoga dapat menambah informasi kepada pembaca lainnya.

      Delete
  77. Saya sudah coba sendiri, semoga tidak asa efek samping. Cara ngmbilnya aja harus ucapkan salam dan ucapkan Bismillah (karena tanaman liar, di tanah Kutai harus izin). Saya dengar dari yang punya umur sudah 70an, Alhamdulillah matanya bagus sampai sekarang dan orangnya masih hidup. Semoga para pengguna bunga kitolod bisa disembuhkan, Aamin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas tambahan informasinya mas..

      Delete
  78. kalo untuk mata bermasalah pada retina yang syaraf retinanya menggelembung ato bisa dikatakan bahasa kedokteran CSCR bisa nggak ya tetesan air bunga kitolod utk mengatasinya? terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak bisa memberikan saran masalah itu mas ?

      Delete
  79. Mas ini saya dikasih temen bunga kitolod ini, mata saya minus 2.75 kanan dan 2 di mata kiri,dan saya baru mencoba memakai kaca mata semoga minus saya sembuh.

    ReplyDelete
  80. Bsa wat tetes mata binatang ga mas??msalkan kucing,kelinci??

    ReplyDelete
  81. Bsa wat tetes mata binatang ga mas??msalkan kucing,kelinci??

    ReplyDelete
  82. Selamat sore mas Samuji Zaky berbagi pengalaman aja yah. Saya sudah pakai sejak lama tapi tidak rutin, kebetulan dirumah banyak sekali, bahkan bijinya saya simpan jika ada yang membutuhkan bisa langsung tanam. Saya minus 2 dan alhamdullilah sekarang minus saya berkurang ini pun pemakaian nya jarang sekali karna saya kadang males, hehehe .
    Daunnya pun bisa digunakan untuk dirambang saja, kalo bunganya langsung tetes. Jika ada yang berminat pohonnya bisa hubungi saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mbak anggi atas tambahan informasi dan pengalamannya semoga pemakai bunga kitolod tambah yakin akan kesembuhannya

      Delete
  83. Mas mau nanya, getah bunga nya bagus gak untuk mata? Trus getah bunga nya itu juga direndam atau gak?
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya getahnya itu direndam bersama dengan daun atau bunganya.

      Delete
  84. Haruskah minimal 3x sehari.. Sibuk kuliah soalnya, kegiatan sehari hari di depan monitor komputer..
    Umur 20 tahun silinder 7 minus 5 kira kira bisa sembuh gak ya ? Resah juga rutinitas pakai kacamata terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya minimal 3x sehari ,bunga dan airnya dibawa saja ,tapi harus rutin ,kalo minusnya sudah banyak ,mungkin membutuhkan waktu yang lama

      Delete
  85. Ada yang bilang kalau penggunaan 3 sehari, tapi selang-seling misalnya senin, rabu, jumat, minggu, selasa, dsb. Apa benar ya? Bagi yang pengalaman boleh share dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pengalaman si Budi pemakaian tiap hari, ada saat waktu kehabisan bunga ,ya berhenti 1 hari terus lanjut lagi

      Delete
  86. Di rumah aku (bogor) juga banyak banget, kalau mau bisa hubungin aku.. tenang free ko 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak maaf saya mau tanya bogornya dimana? Saya butuh bunga ini untuk mengobati mata saya

      Delete
  87. Saya jg pengen coba ahh mudah2n bisa menyembuhkan penyakit mata saya,thank infonya gan.

    ReplyDelete
  88. Nyoba setetes doang 1 hari, tp mata kok malah perih terus ya bang, tp yang sebelah kanan doang, kyk ada yg ganjel, minus 7

    ReplyDelete