Latest News

CARA MENANAM DAN BUDIDAYA BUNGA KOL / BUNGKUL



SEKILAS TANAMAN  BUNGA KOL  /BUNGKUL

         Menanam / budidaya bungkul /bunga kol ,Bunga kol termasuk tanaman sayuran dari jenis Brassica oleracea.juga disebut kubis bunga .yang dapat ditanam didataran rendah maupun tinggi .Tanaman ini disukai petani hortikultura karena umur yang pendek dan harga relative mahal.dahulu bunga kol hanya ditanam didaerah pegunungan seperti :di Batu  dan daerah sekitar  Malang, tapi sekarang sudah banyak berkembang varietas yang cocok untuk ditanam didataran rendah



.
                      

           Bunga kol tumbuh optimal ditanah lempung, lempung berpasir , tanah humus ,tanah vulkanik yang mengandung bahan organic ,suhu udara  18-28 derajat celcius,ph tanah 5,6 – 7 , curah hujan sedang, penyinaran matahari yang cukup minimal 7 jam perhari.


MENANAM  BUNGA KOL/ BUNGKUL 

PERSIAPAN LAHAN

         Tanah digemburkan dengan di cangkul/di bajak sedalam 20cm - 30cm .tebarkan bokasi/kompos dari kotoran ayam  sebanyak 5 ton /ha. ,kemudian dibuat bedengan kasar dengan tinggi 25cm – 30cm, lebar  bedengan  80cm – 90cm ,jarak bedengan  50cm – 60cm. Taburkan pupuk dasar yang terdiri dari: NPK 180 kg/ ha dan phosphate 140 kg/ha. haluskan bedengan sehingga pupuk dasar terpendam dalam bedengan.Pasang permukaan bedengan dengan plastic / mulsa berukuran 100 cm -110 cm ,jepit tepi mulsa dengan sumbit ( bambu yang dianyam)


PEMILIHAN BIBIT DAN PERSEMAIAN BUNGA KOL/ BUNGKOL

           Proses pemilihan dan persemaian bibit adalah tahapan yang penting dalam budidaya tananam. Untuk langkah ini harus benar - benar  diperhatikan  dan baca:
Cara membuat persemaian bibit tanaman.


PENANAMAN BUNGKUL

          Aliri bedenagan dengan air hingga rata ,kemudian kurangi air hingga 1/3 dari tinggi bedengan Lubangi tanah dengan  /tugal ,masukan benih yang sudah berumur 17 hari  kedalam lubang ,bila bagaian bawah polybag sudah berlubang langsung masukan bibit beserta polybagnya dan robek bila masih utuh agar akar dapat berkembang ketanah .Tutup dengan sedikit tanah


PEMUPUKAN BUNGKUL

       Pemupukan dasar                                                                                                                                                   pemupukan ini dilakukan pada saat olah tanah sebelum bedengan dikerjakan ,agar pupuk dasar terpendam dalam bedengan.

Pemupukan lanjutan  
       Pemupukan lanjutan  ini dilakukan pada saat tanaman umur 7 hst –42hst ditambah dengan insektisida berbahan aktif karbofuran 7kg/ha. Pemupukan dicampur dengan insektisida  idilakukan hanya  sekali. fungsi  insektisida  untuk membasmi  hama yang ada didalam tanah.

 Adapun cara pemupukan ada 2
     Cara pemupukan 1:  campuran air dan pupuk diaduk hingga merata lalu dikocorkan kelubang  tanaman dengan takaran 200ml – 250 ml setiap lubang tanaman.Untuk pemupukan cara kocor Komposisi pupuk:NPK  75 -100kg/ha +SP 35 -40 kg/ha

      Cara pemupukan 2 : tanah ditugal sedalam 5cm pupuk dimasukan kedalam lubang kemudian ditutup dengan tanah. Jarak lubang pupuk dengan batang tanaman sekitar 5cm. pemupukan ini dilakukan 2 minggui sekali.Cara ini komposisinya : NPK 250 kg/ ha +  SP 110 kg/ha .Dan pemupukan terakhir pada tanaman umur 42 hst.



PEMELIHARAAN TANAMAN BUNGKUL

         Penyiangan dan pembersihan gulma dilakukan 2 minggu sekali.  Penyiraman dilakukan 1 minggu sekali setelah pemberian pupuk  atau apabila tanah bedengan terlihat kering.  Dengan cara  parit dialiri air 3/4 dari tinggi bedengan.,kemudian segera buang air agar bedegan tiris dan tidak terlalu lembab.




                       Gb.2  Tanaman bunga kol umur 35 hst


HAMA DAN PENYAKIT  TANAMAN BUNGKUL

      Hama yang menyerang tanaman bunga kol antara lain:ulat grayak(Spodoptera Litura) ,ulat daun(Plutella xylostella)  ulat krob(Crocidoomia binotalis ),ulat tanah  (Agrotis Ipsilon),kutu daun ,kutu kebul. Pengendaliannya, semprot insektisida berbahan aktif : klorfenapir, tiodikarb. Betasiflutrin, pfofenofos, karbofuran,Imidakloprit.

     Penyakit pada tanaman ini antara lain: Layu bakteri(Pseudomonas  solanacearum),layu fusarium(Fusarium oxysporum), Antraknosa (Collectrotichum gloeospoiroides), Busuk daun (Phythopthora Infestans).  Akar Gada(  (Plasmodiophora brassicae),Embun bulu (  Downy Mildew)  Penyakit Busuk Lunak (Erwinia carotovora) Pengendalian penyakit diatas dengan menyemprotkan fungisida berbahan aktif : Mankozeb, Kasugamisin hidroklorida,, Oksitetrasiklin,Klorotalonil, Iprodion,Benomil.


PEMANENAN  TANAMAN BUNGKUL

      Tanaman   bunga kol dapat dipanen pada usia 55- 70 hst  tergantung dari varietas bibit yang ditanam serta letak ketinggian tanaman.
Ciri-ciri tanaman bunga kol yang siap di panen antara lain:
– Bentuk bunga sudah merekah, padat .(permukaana atas bunga sudah tidak rata lagi).
– Kepadatan bunga masih kompak, belum tampak adanya anak bunga yang mekar.


                                 Gb. 3 bunga kol setelah dipetik dari tangkainya. 

Demikian cara menanam / budidaya bunga kol atau bungkol. semoga bermanfaat.
artikel terkait :
cara menanam / budidiaya bunga kol / bungkol di pot atau polibag


0 Response to " CARA MENANAM DAN BUDIDAYA BUNGA KOL / BUNGKUL"