Latest News

CARA MENANAM DAN BUDIDAYA PARE


SEKILAS TENTANG TANAMAN PARE/PERIA

         Menanam / budidaya pare ,Pare atau Peria adalah sejenis tumbuhan semak yang merambat dengan buah  yang panjang dan bergerigi. Pare /peria dimanfaatkan buah nya untuk sayur dan pengobatan.Rasa buah pare yang pahit dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tumbuhan dapat hidup dan beradaptasi didataran rendah sampai  tinggi hingga mencapai ketinggian 1100 m dpl Pare/Peria  memerlukan tanah yang subur ,gembur tanah lempung , lempung berpasir ,kaya bahan organic untuk tumbuh optimal.dan juga memerlukan sinar matahari yang cukup, suhu udara 20 -29 derajat Celsius, ph tanah 5’5-7,tata air yang baik.


PENANAMAN PARE/PERIA DISAWAH

PERSIAPAN LAHAN

          Gemburkan lahan/ sawah dengan dibajak/cangkul sedalam 20cm- 30 cm.Untuk lahan yang sudah gembur  buat bedengan kasar dengan tinggi 25cm – 30cm, lebar  bedengan  80cm – 90cm ,jarak bedengan  50cm – 60cm.Tebarkan kompos dari kotoran ayam/ bokasi kebedengan  dengan takaran 5 ton/ha,tebarkan pula pupuk dasar  yang terdiri dari NPK dan Phospat dengan total takaran 250 kg/ha. Haluskan/ bentuk  bedengan  agar semua pupuk dasar maupun bokasi terpendam..Pasang mulsa pada permukaan bedengan lebar mulsa 100 cm -110 cm panjang mulsa sesuaikan panjang bedengan.


                            Gb.1 Bedengan dengan jarak lubang 60cm.


PEMILIHAN BIBIT DAN PERSEMAIAN  PARE/ PERIA

             Untuk persemaian tanaman dan pemilihan bibit  perhatikan :
Cara membuat persemaian bibit tanaman


                                       Gb.2   Bibit pare/peria siap ditanam

PENANAMAN PARE /PERIA

            Parit di genangi  dengan air setunggi  ½ dari tinggi bedengan ,agar memudahkan mulsa untuk di lubangi dan memudahkan  penanaman .Lubangi mulsa dengan jarak  60cm ,masukan benih yang sudah berumur 10 hari  kedalam lubang mulsa ,lubangi  bagaian bawah polybag agar akar dapat berkembang dengan baik ketanah,kemudian tutup dengan sedikit tanah . 
baca juga : cara menanam /budidaya pare atau peria dipot /polibag


  PEMUPUKAN TANAMAN PARE / PERIA

Pemupukan dasar                                                                                                                                          pemupukan ini dilakukan pada saat olah tanah sebelum bedengan dikerjakan ,agar pupuk dasar terpendam dalam bedengan. Komposisinya : Phonska 120 kg/ha,  ZA 150 kg/ha, phospat 100 kg/ha.

Pemupukan lanjutan   1
        Pemupukan ini dilakukan pada saat tanaman umur 7 hst – 35 hst ,dengan cara  campuran air dan pupuk dikocorkan kelubang  tanaman dengan takaran 200ml – 250 ml setiap lubang tanaman. Komposisi : NPK  35 – 45 kg/ha,insektisida berbahan aktif karbofuran 7kg/ha.pemupukan ini dilakukan 1 minggu sekali hingga 2x. Untuk pemupukan minggu 2,3,4, sudah tidak memakai insektisida .  fungsi  insektisida  untuk membasmi  hama yang ada didalam tanah.

Pemupukan lanjutan 2
            Pemupukan dilakukan pada saat tanaman umur 35 hst dan seterusnya .  komposisi : NPK  280 kg/ha atau campuran Phonska + ZA  300 kg/ ha .

  Cara pemupukan : tanah ditugal sedalam 5cm pupuk dimasukan kedalm lubang kemudian ditutup dengan tanah. Jarak pupuk dengan batang tanaman sekitar 5cm. pemupukan dilakukan dengan interval 10 – 15 hari

.
PEMELIHARAAN TANAMAN PARE 

           Penyiangan dan pembersihan gulma dilakukan 2 minggu sekali.  Penyiraman dilakukan 10 hari – 15 hari sekali setelah pemberian pupuk  atau apabila tanah bedengan terlihat kering.  caranya  parit dialiri air 2/3 dari tinggi bedengan. Pemasangan tajuk dilakukan ketika tanaman berumur 15 hst .Tinggi tajuk 150cm – 200 cm .Pasang tali/gawar untuk menahan batang tanaman agar tidak roboh  dan daun dapat berkembang dengan baik.


                                       Gb.3  Tanaman  pare mulai berbuah.


HAMA DAN PENYAKIT  TANAMAN PARE

          Hama yang menyerang tanaman Pare antara lain :  lembing atau oteng-oteng (Epilachma sparsa), Lalat buah (Dacus cucurbitae Cog),  Kepik (leptoglossus australis) )penanggulangan semprot dengan insektisida ber bahan aktif :Abamectin,Imidakloprit,Sipermetrin.

           Penyakit yang menyerang tanaman Pare antara lain: Bercak daun (Cescospora sp), Layu bakteri (Pseudomonas solanacearum),Antraknos, Layu Fusarium ( Fusarium oxysporum). Penanggulangan semprot dengan fungisida berbahan aktif : Mankozeb,Propinep,Oksitetrasiklin.


PEMANENAN BUAH PARE

           Tanaman pare mulai dapat di panen umur 50 hst .Buah yang siap dipetik berwarna hijau pudar.panen dilakukan dengan interval 2-3 hari.panen dapat dilakukan sampai 20 x panen dalam satu kali budidaya, tergantung jenis  varietas dan perawatan.



                      
                                                 Gb.4  Buah pare siap di panen

Demikian cara menanam dan budidaya pare /peria .semoga bermanfaat.
baca juga : cara menanam /budidaya pare atau peria di pot / polibag 





1 Response to " CARA MENANAM DAN BUDIDAYA PARE "

  1. Tolong disertakan Harga terkini setiap sayur dan buah2an. Sukur2 disetiap daerah, jadi bagi setiap calon petani bisa mempertimbangkan mana yang harus ditanam.... trims.

    ReplyDelete