Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA MELON


SEKILAS TENTANG MELON

   Menanam / budidaya melon , Melon ( Cucumis melo l) merupakan tumbuhan yang merambat termasuk family Cucurbitaceae yang dimanfaatkan sebagai makanan buah segar dengan kandungan vitamin c yang tinggi .tanaman di perkirakan  ini berasal dari daerah Mediterania ( perbatasan antara Asia barat dengan Eropa dan Afrika).dan kemudian menyebar ke Amerika dan Eropa.
 
                   


    Tanaman melon tumbuh optimal diketinggian antara 300-900m dpl, memerlukan media tanah tanah liat berpasir,tanah vulkanik dan tanah yang banyak mengandung bahan organic, ph tanah 5’6-7 ,memerlukan penyinaran sepanjang hari, suhu  pertumbuhan 25-30 derajat Celsius,dan dranase yang baik.


TEKNIK PENANAMAN MELON

PERSIAPAN BENIH MELON

    Pilih benih melon hibrida yang cocok dengan iklim dan keadaan tanah, tentunya pilh varietas yang unggul. Kemudian semai bibit untuk mendapatkan bibit yang seragam dan sehat , baca di cara membuat persemaian bibit tanaman.


PENGOLAHAN  LAHAN

    Lahan digemburkan dengan di cangkul atau di bajak sedalam 30 cm ,dan di garu/ diratakan ,kemudian buat bedengan setengah jadi / bedengan kasar dengan ukuran tinggi 30- 40 cm, lebar 90-110 cm ,jarak bedengan  50 cm.lalu sebar bedengan dengan bokashi 10 ton perhektar ,dan pupuk dasar NPK atau phonska ditambah  SP- 36 sebanyak totol  300 kg/ ha, kemudian bentuk bedengan dan lapisi permukaan dengan mulsa/ plastic perak .Mulsa  bertujuan untuk mengendaliakan pertumbuahan gulma, menjaga kelembaban tanah, memantulkan sinar matahari ke daun dan buah, mengurangi resiko serangan hama dan penyakit.


PENANAMAN MELON

     Sebelum tanam , lakukan pengairan terhadap bedengan setinggi bedengan sampai merata ,lalu kurangi airnya hingga 1/ 3 dari tinggi bedengan, Kemudian lubangi bedengan dengan alat pemanas atau dengan sekrop kecil .Jarak lubang bedengan 60- 70 cm.Taburi lubang dengan sedikit furadan lalu,  Masukan bibit melon yang telah berumur 21 hari ke lubang dan timbun dengan sedikit tanah/ bokashi dan rapatkan   , perhatikan bagaian bawah polybag , lubangi bila masih tertutup plastic  ,ini dilakukan agar pertumbuhan akar tidak terganggu.

                             




 PEMELIHARAAN TANAMAN MELON

    Penyulaman tanaman apabila ada tanaman yang mati atau kurang sehat dan di ganti dengan bibit yang sehat agar pertumbuhan merata.

   Penyiangan pada tanaman melon dilakukan  yaitu pembersihan rumput  di lubang  batang tanaman , rumput liar di cabut . dan pembersihan gulma di tepi bedengan.

   Pembubunan atau  ipuk  yaitu meletakkan tanah yang ada di parit  ke sisi mulsa ini  dilakukan agar bedengan rapi dan parit terlihat bersih ,pengerjaan ini 2 minggu sekali.

   Pemupukan tanaman melon ada 2 cara 

yaitu dengan cara dikocor dan di tabur. 

Cara dikocorkan yaitu larutan pupuk + air  200 ml dikocorkan ke lubang tanaman  / tiap batang , komposisinya :  Npk 125 kg/ ha + SP- 36 42 kg/ha. Pemupukan ini dilakukan 1 minggu sekali , dan dihentikan umur 35 hari dan dilanjutkan dengan cara di tabur.

Pupuk tabur dilakukan  2 x yaitu  pada umur 40 hst   dan 60hst, komposisi pupuk : NPK  280 kg/ ha, SP- 36 = 150 kg/ha , ZK 280 kg/ ha .Cara pemupukan dengan dibuat lubang disamping batang tanaman 15 cm dan setelah pemupukan timbun dengan tanah.

    Pengairan dilakukan 2 minggu sekali atau setelah pemupukan atau bila bedengan terlihat kering. bedengan dialiri air setinggi ¾ dari tinngi bedengan ,kemudian alirkan air ke pembuangan.

    Pemasangan ajir / tajuk bertujuan sebagai rambatan media batang tanaman/ sulur agar tertata rap idan untuk menyangga buah .Pemasangan dilakukan 7 setelah tanam .

    Pemangkasan daun dan batang pada cabang dan daun yang kering dan tidak diperlukan .
                           


      Gb.  Tajuk tanaman harus mampu menyangga buah dan daun.


HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN MELON


    Hama yang menyerang tanaman melon :kutu aphids, ulat daun ,thrips ,tungau.Cara pengendaliannya semprot menggunakan insektisida berbahan aktif Abamectin, sipermetrin, klorfenapir.

    Penyakit yang menyerang antara lain:busuk daun , busuk buah , layu bakteri , pengendaliannya dengan fungisida berbahan aktif : klorotolonil, mancozeb,iprodum,


PEMANENAN TANAMAN MELON

    Tanaman melon dapat di panen pada umur 90 hst tergantung iklimdan varietas yang di tanaman.
Ciri – ciri nya :
Buah Tampak besar.
Kulit buah sudah berwarna pudar.
Serat jala pada kulit terlihat kasar.

                        


                                      Gb.  Buah melon  siap di panen.



0 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA MELON"