Latest News

CARA MENANAM ANGGUR DI PEKARANGAN

  

 Menanam / budidaya anggurAnggur adalah jenis tanaman yang merambat mempunyai buah yang berasa masam dan manis  disukai banyak orang yang mempunyai kandungan serat tinggi selain itu , kandungan  yang ada didalamnya meliputi energy, karbohidrat,serat ,vitamin, protein , natrium   dan masih banyak lagi. membantu pencernaan  dan menghilangkan sembelit secara alami. 
                           
   Untuk para pembaca yang mempunyai halaman atau tanah  yang tidak di manfaatakan dan ingin optimalkan pekarangan yang ada dirumah baik itu di depan rumah, samping atau belakang tanami buah buahan selain dapat diambil buahnya juga sebagai hiasan atau pelindung  rumah dari terik matahari.  Berikut ini saya sampaikan cara menanam anggur di pekarangan rumah .

  Untuk menanam anggur di pekarangan rumah siapkan bahan – bahannya  antara lain : cangkul/ sabit,kompos/ bokashi , bibit anggur dari stek,kawat  , air dan media tanam yaitu tanah pekarangan , kalau tidak ada ya pot atau  drum bekas.


                                    
    Buat lubang pada tanah di pekarangan dengan diameter 20 – 25 cm , dan kedalaman 30 cm,kemudian masukan bokashi kedalam lubang 10 cm . dan beri obat anti hama ( furadan 3 G) lalu kocor dengan air sampai basah merata kemudian masukan bibit stek anggur kedalam lubang dan masukan bokashi dan tanah lalu injak agar rapat, kemudian kocor dengan air sampai basah merata . Untuk selanjutnya pasang kawat untuk perambatan tanaman ,kawat dihubungkan dengan anjang – anjang atau perambatan diatas.

                
           
                                
    Perawatan  selanjutnya adalah kocor/ pengairan  dilakukan pagi dan sore ,pemupukan gunakan pupuk kompos / bokashi  ,untuk pertumbuhan pakai pupuk kimia, ZA  10 gram pertanaman tiap 1 minggu sekali. Pembersihan gulma dilakukan ketika rumput liar mulai tumbuh dan rutin dilakukan 1 minngu sekali.

    Pemotongan batang primer dilakukan ketika tanaman anggur berumur 1 tahun, pemotongan ini bertujuan  untuk  menghentikan pertumbuhan batang utama ,agar tumbuh batang sekunder dan tumbuh ranting – ranting  dan bersamaan tumbuh bunga anggur. Tunas yang tumbuh setelah bunga anggur harus dipotong agar bunga dapat menjadi buah dan tidak terganggu pertumbuhannya.

  Apabila buah anggur sudah sebesar kelereng maka lakukan penjarangan/ seleksi buah , buah yang  tidak sehat dan terlalu kecil di potong agar buah anggur seragam. Kemudian bungkus buah anggur dengan kantong plastic transparan agar tidak diserang oleh lalat buah. Lakukan panen, bila buah telah masak dengan cara dipotong tangkai buah menggunakan pisau atau gunting.

                         



               Buah anggur telah masak dan siap dipetik.



0 Response to "CARA MENANAM ANGGUR DI PEKARANGAN"