Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA BUAH NAGA


SEKILAS TENTANG BUAH NAGA/ DRAGON FRUIT

   Menanam/budidaya buah naga, Buah naga tergolong tanaman kaktus yang hidup di daerah kering /panas, tanah berpasir, batangnya dapat menyimpang banyak air sehingga dapat beradaptasi di cuaca kering. Buah naga ada empat jenis yaitu:buah naga daging merah,buah naga daging putih , buah naga daging super red dan buah naga daging kuning.

                         


             Gb.  1   Buah Naga yang mengandung banyak manfaat.

                 
   Tanaman buah naga tumbuh didataran rendah sampai tinggi.Untuk buah naga merah dan putih tumbuh optimal pada ketinggian  0-500 meter dpl.sedangkan untuk buah naga kuning ketinggian yang ideal untuk pertumbuhan adalalah diatas 800 meter dpl.Tanaman buah naga memerlukan sinar matahari minimal 8 jam perhari,curah hujan 1300 mm/tahun, suhu udara untuk pertumbuhan 26 – 36 derajat Celsius, drainase yang baik.


PENANAMAN BUAH NAGA /DRAGON FRUIT

PERSIAPAN BENIH BUAH NAGA

    Benih buah naga didapat dari stek batang dan dari biji. Pada umumnya para petani menggunakan bibit dari stek batang yang mempunyai  efisiensi waktu,batang yang dipilih berasal dari tanam sehat , batang yang keras,sudah pernah berbuah 3- 4 kali,yang berwarna hijau tua,ukuran stek pada tanaman ini antara 20 – 30 cm ada juga yang panjang 40 cm agar mendapat tunas yang banyak. Potongan/ sulur kemudian disemaiakan di tanah yang telah disiapkan di tancapkan di tanah agar cepat tumbuh akarnya , tapi sebelumnya ujungnya diruncingkan untuk mendapatkan akar yang banyak.


PENGOLAHAN TANAH

    Agar perakaran dapat tumbuh dengan baik maka tanah harus gembrung  yaitu dengan cara di cangkul atau di bajak,kemudian tebar pupuk organic/bokashi dan dolomit lebih baik diberi pupuk dasar yaitu NPK /Phonska,kemudian dibuat bedengan ukuran 80 -90 cm. dan buat panjatan tanaman karena tanaman buah naga memerlukan panjatan yang kuat untuk menopang batang dan buahnya yang berat, panjatan dibuat dari cor/ beton dengan ukuran 10cm x 10 cm dan tinggi 2- 2,5 cm , bagaian atasnya diberi kawat atau ban bekas  untuk menopang batang dan buah naga.Cor / beton ditancapkan ke tanah sedalam 30 cm,Agar berdiri kokoh.


PENANAMAN BUAH NAGA

    Penanaman buah naga ,dilakukan setelah akar bibit tanaman tumbuh dan membuat lubang di sekitar tiang beton  antara 3- 4 lubang dengan kedalaman 5- 7 cm , kemudian tanam bibit bauh naga  dengan menancapkan 3 – 4 batang tanaman tiap tiang beton,kemudian ikat dengan kawat ke tiang beton agar posisi tanaman tidak berubah dan kuat.


PERAWATAN BUAH NAGA

    Perawatan tanaman buah naga antara lain : penyulaman,pengikatan cabang, pemupukan , pengairan ,penjarangan / seleksi buah dan kuntum bunga, pengndalian hama dan penyakit.penyulaman dilakukan bila ada tanaman yang mati,pengikatan tanaman dilakukan setiap tanaman tumbuh 30 – 40 cm agar tanaman tetap berdiri  keatas dan 
terkontrol dengan baik.

                   


                          Gb. 2   Tanaman buah Naga diperkebunan.

    Pemupukan tanaman ini sebaiknya menggunakan pupuk organic atau kompos/ bokashi untuk menjaga buah agar didapat buah yang alami dan biasanya menggunakan pupuk kimia yang berlebihan akan menyebabkan buah tidak  dapat disimpan dalam waktu yang lama. Tetapi untuk pertumbuhan  gunakan pupuk kimia (ZA,Phonska ) setidaknya 1 minggu sekali waktu umur 2 minggu keatas.

    Penyiangan dan pembubunan dilakukan tiap 2 minggu sekali  atau bila gulma sudah tumbuh.pengaiaran dilakukan setelah pemberian pupuk dan bila tanah terlihat kering.

    Pemangkasan bertujuan untuk membentuk batang pokok, membentuk cabang produksi, membentuk cabang produktif.dan seleksi kuntum bunga dan buah berguna untuk mendapatkan buah yang baik dan mutu yang bagus.

                       


                         Gb. 3   Bunga buah Naga tahap seleksi.


HAMA DAN PENYAKIT BUAH NAGA

    Hama yang perlu diwaspadai pada tanaman buah naga antara lain : semut , ulat ,burung .
    Penyakit yang biasanya menyerang tanaman ini antara lain busuk batang . busuk buah.


PEMANENAN BUAH NAGA

    Pemanenan buah naga dilakukan ketika kulit buah sudah berwarna merah menyala dan merata serta telah masak optimal .Cara memanennya yaitu dengan memotong bagaian pangkal buah dengan pisau atau gunting , kemudian dikumpulkan di keranjang agar mudah pengankutannya.

                      


             Gb.  4   Buah Naga yang telah masak siap petik.

  Demikian cara menanam / budidaya buah naga. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba


0 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA BUAH NAGA"