Latest News

5 LANGKAH CARA MENANAM / BUDIDAYA DURIAN



SEKILAS TENTANG DURIAN

    5 Langkah cara menanam/ budidaya durian,Tanaman durian berasal dari daerah tropis , yang tidak berbuah sepanjang tahun atau waktu tertentu . Buah durian banyak digemari banyak orang ,yang mempunyai rasa khas yaitu manis , harum , sedikit gurih yang mempunyai warna daging putih , kuning ,merah yang mempunyai  kandungan  kalori ,vitamin ,lemak dan protein. Di luar negeri (Thailand ) budidaya durian sudah diintensifkan dengan lahan yang luas dan pegunungan .Dipegunungan tanaman durian juga berfungsi menahan erosi selain diambil buahnya.

         



    Tanaman durian tumbuh optimal di daerah tropika basah dengan curah hujan sedang suhu udara  berkisar 22- 30 derajat Celsius ,diketinggian  100- 600 m dpl , untuk dataran lebih tinggi bisa hidup akan tetapi mutunya berkurang.membutuhkan ph tanah 5,6- 7.dan  tanah yang banyak mengandung bahan organic.


MENANAM DURIAN

    Tanah digemburkan  dengan di cangkul dan dibersihkan rumput liar disekitar bakal tanaman, kemudian buat lubang 30 cm , kedalaman 40 cm dan jarak tanam 7 meter, kemudian masukan  bokashi  setinggi  20 cm , lalu tanam bibit durian yang telah di pilih varietasnya dan kocor lubang tanaman hingga basah merata lalu masukan bokashi dan tanah kemudian kocor dengan air hingga merata dan injak agar rapat.


PEMELIHARAAN TANAMAN DURIAN

    Pengkocoran  setelah tanam dilakukan 1 hari sekali atau 1 hari  2 kali tergantung keadaan tanah. Dan bila sudah tumbuh besar intensitasnya dikurangi.penyiangan dilakukan secara rutin 1minggu sekali  dan pembubunan atau ipuk dilakukan  2 – 3minggu sekali agar akar tanaman lebih kuat dan tumbuh dengan cepat.

    Pemupukan tanaman dilakukan  pada umur 1 bulan  untuk mempercepat pertumbuhan gunakan pupuk kimia yaitu NPK /Phonska komposisi 2 sendok makan per tanaman  pemupukan dilakukan  2 – 3 minggu sekali .setelah  2 bulan frekwensinya dikurangi menjadi  1 bulan sekali  sampai tanaman berbunga, untuk dosisnya ditambah menurut kondisi tanaman.


                      


                                    Gb.  Bunga durian bermekaran



    Untuk tanaman yang sudah berbuah pemupukan  dilakukan  1 tahun sekali pada akhir musim hujan.dengan memperbanyak bokashi.Cara pemupukan : untuk tanaman yang masih kecil cukup buat lubang di samping tanaman dengan jarak 10- 15 cm pupuk di masukan dan ditutup dengan tanah , agar cepat meresap kocor pupuk dengan air hingga tanah menjadi basah. Pemupukan untuk tanaman yang sudah ber buah caranya dengan menggali parit melingkar sedalam 15 – 20 cm , pupuk di sebar yaitu pupuk bokashi plus  sedikit  pupuk kimia   di parit lalu ditutup tanah dan dikocor.


HAMA DAN PENYAKIT DURIAN

    Hama yang umum pada tanaman durian:  penggerek buah , ulat penggerek batang,kutu putih.Pengendaliannya ,semprot dengan buldog,iterprit
Penyakit yang biasanya  menyerang tanaman durian :karat daun,phytopthora  palmivora.
Cara pengendaliannya : semprot dengan Atracol, Daconil.


PANEN DURIAN

    Panen durian dilakukan tidak bersamaan karena  buah yang masak silih berganti.biasanya mulai pentil / bakal bunga hingga menjadi buah siap dipetik memerlukan waktu  130 hari tergantung varietas dan keadaan tanaman. durian yang masak di pohon lebih enak dari pada yang di obati ( karbit).


                      



                                  Gb.  Buah durian siap dipanen

 Demikian 5 Langkah cara menanam / budidaya durian. semoga bermanfaat.


0 Response to "5 LANGKAH CARA MENANAM / BUDIDAYA DURIAN"