Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA KEDELAI


TENTANG TANAMAN KEDELAI

    Menanam / budidaya kedelai ,Tanaman kedelai berasal dari daearah cina utara kemudian menyebar ke Indonesia  , Jepang  Afrika dan Amerika. Kedelai dimanfaatkan sebagai bahan  pangan yang mengandung protein nabati yang tinggi. Kedelai juga diolah menjadi minyak kedelai untuk bahan olahan pangan  seprti  :margarin , tinta kue, kue,kosmetik dan juga industry non pangan seperti bahan tinta cetak ,tekstil, cat cair dan kertas.

               



    Tanaman kedelai tumbuh di ketinggian  1- 500m dpl, suhu udara 23- 32 derajat Celsius,media tanah : tanah lempung , tanah lempung berpasir , tanah pasir , tanah gembur yang mengandung bahan organic, ph tanah 5,7 – 7, curah hujan  1200 – 2300 mm/ tahun, sinar matahari yang cukup dan drainase yang baik.

BUDIDAYA TANAMAN KEDELAI

PEMILIHAN BIBIT KEDELAI

    Bibit kedelai harus dipilih dari induk yang sehat , tidak bekas terserang hama, benih yang berkualitas mempunyai daya kecambah yng cepat dan seragam.


PERSIAPAN LAHAN

    Dalam persiapan lahan ada 2 cara yaitu : tanah bekas tanaman padi langsung ditanami tanpa olah tanah.
    Cara ke 2 yaitu lahan/ sawah di olah , digemburkan dengan di bajak dan diratakan kemudian di bentuk bedengan  tinggi 25 cm dan lebar 50 cm , untuk drainase di buat kalen dalam atau got setiap -4 5 meter tergantung lebar sawah.

PENANAMAN KEDELAI

    Penanaman kedelai dengan jarak tanam 25 cm x 25 cm. buat lubang dengan ditugal sedalam  5cm dan jarak seperti diatas , kemudian masukan bibit kedelai 2 biji dan 3 biji kedalam lubang kemudian tutup dengan bokashi dan lakukan pengairan sampai basah merata.

                



PERAWATAN TANAMAN KEDELAI

    Penjarangan dan penyulaman dilakukan pada saat tanaman umur 5- 7 hari. Penjarangan dilakukan bila tanaman tumbuh semua dan padat agar mendapat tempat dan udara bebas, penyulaman dilakukan bila ada tanaman mati .
Penyiangan dilakukan 2 minggu sekali atau ketika gulma telah tumbuh ,pekerjaan di hentikan ketka tanaman sudah lebat.

    Pembubunan  yaitu membenai bedengan / ipuk untuk menguatkan akar tanaman dan memperbaiki kalen atau saluran air.

    Pemupukan  pada tanaman kedelai dilakukan sekali bila tanaman kurang subur   pada umur 21 – 30 hst . komposisinya :ZA/ Urea 150 kg/ ha + SP70 kg/ ha.cara pemupukan dengan disebar di sela tanaman kemudian lakukan penyiraman.

    Pengairan  dilakukan 10 hari sekali atau melihat kondisi tanah apabila terlihat kering .pengairan harus merata dan cepat lakukan pembuangan bila selesai karena tanaman kedelai tidak suka air yang menggenang.

                       



HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN KEDELAI

    Hama yang menyerang tanaman kedelai antara lain :Ulat grayak, ulat daun, Kutu daun, Ulat penggulung daun,lalat kacang, kepik hijau.Cara pengendalianya semprot dengan insektisid berbahan aktif: Abamectin, sipermetrin ,dhipo , dimethipo, klorfenafir.Pemakaian  menurut dosis yang dianjurkan

    Penyakit yang menyerang tanaman kedelai antara lain : Antraknosa, layu bakteri,layu fusarium,bercak daun, busuk batang, mozaik.cara pengendaliannya semprot dengan fungisida berbahan aktif : Iprodion,meneb , mankozeb,Benomil, Bactosin.Pemakaian  menurut dosis yang dianjurkan.

PANEN TANAMAN KEDELAI

    Tanaman kedelai dapat dipanen umur 75- 100 hari tergantung varietas nya, ciri – ciri tanaman kedelai siap dipanen : daun telah menguning dan mulai rontok,buah kedelai berwarna kuning kecoklatan,polong sudah padat berisi dan kelihatan retak- retak.
Demikian cara budidaya kedelai .


Semoga artikel ini bermanfaat …..


0 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA KEDELAI"