Latest News

CARA MENANAM DAN BUDIDAYA KUBIS/KOL


SEKILAS TENTANG KUBIS/KOL

     Menanam/ budidaya kubis, Kubis /kol adalah tanaman perdu yang dimanfaatkan daunnya untuk sayuran maupun lalapan . Bentuk kubis bulat.Kubis/kol dengan nama latin  brassica oleracea L sangat popular dikalangan petani sayur karena potensi hasil yang tinggi ,berat 1buah kubis /kol dapat mencapai 2,5kg ( pangalaman penulis).dahulu kubis hanya dapat ditanam pada dataran tinggi. Sejalan dengan perkembangan waktu, saat ini  sudah banyak varietas kubis/kol yang dapat ditanam didataran rendah. Kali ini akan saya sampaikan tata cara menanam kubis/kol didataran rendah  yang pernah penulis lakukan.

                  


           Gb. 1  Tanaman kubis tumbuh subur di dataran rendah.


MENANAM KUBIS DIDATARAN RENDAH

    Oh ya sebelumnya kita harus tahu syarat tumbuh tanaman
   Tanaman kubis/kol dapat ditanam sepanjang tahun,dapat hidup didataran rendah hingga tinggi sampai mencapai 1200 meter dpl ,curah hujan sedang .Tanaman kubis tumbuh optimal pada suhu udara 18 – 30 derajat celcius, memerlukan media tanah humus,gembur ,tanah lempung berpasir( tanah branjangan).mengandung bahan organic ,ph tanah antara 5,6- 7 
baca juga : cara menanam / budidaya kubis / kol di pot /polybag .



PERSIAPAN LAHAN

     Tanah digemburkan dengan di cangkul/di bajak sedalam 20cm - 30cm .tebarkan bokasi/kompos dari kotoran ayam  sebanyak 5 ton /ha.Kemudian dibuat bedengan tinggi 25 cm -30 cm, lebar bedengan 80 cm -90 cm , jarak bedengan 50 cm- 60 cm , permukaan bedengan dibuat agak melengkung agar mudah dalam pemasangan dan penataan mulsa dipermukaan bedengan, tutup permukaan bedengan dengan mulsa ukuran 100- 110 cm, funsi mulsa untuk mengendalikan pertumbuhan gulma,menjaga kelembaban tanahmemantulkan sinar matahari ke tanaman agar air embun cepat hilang.



PEMILIHAN BIBIT DAN PERSEMAIAN

     Proses pemilihan bibit dan persemaian adalah awal dari budidaya tanaman. Proses ini akan menunjang  langkah langkah selanjutnya.maka perlu diperhatikan pemilihan bibit  dan” Cara membuat persemaian bibit tanaman”


PENANAMAN


Lubangi mulsa dengan jarak  50cmx 60 cm ,masukan benih yang sudah berumur 25 hari ke dalam lubang mulsa ,bila bagaian bawah  polybag sudah berlubang langsung masukan bibit beserta polybagnya dan robek bila masih utuh agar akardapat berkembang menyebar ke tanah .kemudian tutup denga sedikit tanah dan tekan sampingnya agar rapat.


PEMUPUKAN

Pemupukan dasar
    Pemupukan ini dilakukan pada saat olah tanah sebelum bedengan dikerjakan ,agar pupuk dasar terpendam dalam bedengan. Komposisinya : Phonska 120 kg/ha,  ZA 150 kg/ha, phospat 100 kg/ha.

Pemupukan lanjutan   1
    Pemupukan ini dilakukan pada saat tanaman umur 7 hst – 28 hst ,dengan cara  campuran air dan pupuk dikocorkan kelubang  tanaman dengan takaran 200ml – 250 ml setiap lubang tanaman. Komposisi : NPK  35 – 45 kg/ha,insektisida berbahan aktif karbofuran 7kg/ha.pemupukan ini dilakukan 1 minggu sekali. Untuk pemupukan minggu 2,3,4, sudah tidak memakai insektisida .  fungsi  insektisida  untuk membasmi  hama yang ada didalam tanah.

Pemupukan lanjutan 2
    Pemupukan dilakukan pada saat tanaman umur 35 hst.  komposisi : NPK  280 kg/ha atau campuran Phonska + ZA+ Urea  300 kg/ ha .

  Cara pemupukan : tanah ditugal sedalam 5cm pupuk dimasukan kedalm lubang kemudian ditutup dengan tanah. Jarak lubang pupuk dengan batang tanaman sekitar 5cm. pemupukan ini dilakukan terakhir kali.



PEMELIHARAAN

    Penyiangan dan pembersihan gulma dilakukan 2 minggu sekali.  Penyiraman dilakukan 1 minggu sekali setelah pemberian pupuk  atau apabila tanah bedengan terlihat kering.  Dengan cara  parit dialiri air 3/4 dari tinggi bedengan.,kemudian segera buang air agar bedegan tiris tidak terlalu lembab.

                         


           Gb. 2   Tanaman Kubis  sehat dengan perawatan optimal.

                                    
HAMA DAN PENYAKIT

·        Hama yang menyerang tanaman kubis antara lain:ulat grayak(Spodoptera Litura ),ulat daun(Plutella xylostella)  ulat krob(Crocidoomia binotalis ),ulat tanah  (Agrotis Ipsilon) Pengendaliannya, semprot insektisida berbahan aktif : klorfenapir, tiodikarb. Betasiflutrin, pfofenofos, karbofuran.

        Penyakit pada tanaman ini antara lain(Pseudomonas  solanacearum),layu fusarium(Fusarium oxysporum),Antraknosa (Collectrotichum gloeospoiroides), Busuk daun),Phytopthora Infestans). Pengendalian penyakit diatas dengan menyemprotkan fumgisida berbahan aktif : Mankozeb, Kasugamisin Hdroklorida,Oksitettrasiklin,Klorotalonil,Iprodium, Benomil.


PEMANENAN

    Tanaman kubis dapat dipanen pada usia 55-60 hst,Umur panen dapat dipengaruhi varietas,perawatan,serta iklim.
 Ciri-ciri tanaman kubis siap panen :  buah bulat besar ,padat berisi,buah merekah/menggantung.
                 

                           Gb.3   Buah kubis/kol  siap dipanen.

Demikian cara budidaya tanaman Kubis/ Kol . semoga dapat diambil manfaatnya.
artikel terkait : cara menanam / budidaya kubis / kol di pot / polybag



0 Response to "CARA MENANAM DAN BUDIDAYA KUBIS/KOL"