Latest News

7 LANGKAH CARA MENANAM / BUDIDAYA PEPAYA


SEKILAS TANAMAN PEPAYA

    7 Langkah cara menanam / budidaya pepaya,Tanaman pepaya / Carica papaya l adalah jenis tanaman perkebunan berasal dari mexico dan menyebar ke Negara –negara tropis lainnya. Tanaman pepaya dimanfaatkan buahnya dan daunnya untuk sayuran.
Untuk melakukan budidaya  tanaman pepaya harus diperhatikan hal- hal berikut ini, tanaman pepaya tumbuh didataran rendah hingga tinggi mencapai 1000 m dpl. Tetapi untuk tumbuh optimal ketinggiannya dibawah itu. Memerlukan curah hujan yang cukup,sinar matahari 10 jam per hari.ph tanah 5,6- 7.


BUDIDAYA PEPAYA

PERSIAPAN BENIH PEPAYA

   Benih pepaya didapat dari biji terseleksi dengan baik yaitu dari buah yang sehat, tanaman yang sehat, kondisi biji pepaya tidak cacat. , biji pepaya diambil dari buah pepaya yang sudah masak , kemudian dijemur dan dihilangkan selaput yang melindungi biji pepaya agar tidak tumbuh menjadi  pepaya  jantan.setelah kering ,rendam benih pepaya kedalam air sekitar 10 jam , lalu angkat dan bungkus dengan kain kalau perlu di taruh dikotak dan di oven pakai lampu / dop supaya  hangat dan cepat berkecambah.setelah mulai berkecambah ,pindah bibit pepaya ke dalam polybag . berikut cara membuat persemaian tanaman.

                          


                                            Gb. Bibit  pepaya siap ditanam



PERSIAPAN LAHAN

    Sawah atau kebun digemburkan  dengan dicangkul atau dibajak sedalam 25- 30 cm agar mendapatkan tanah yang baru, kemudian buat bedengan dengan lebar 1m , tinggi 30 cm, jarak bedengan  50 cm ,panjang bedengan disesuaikan panjang lahan/ sawah.


PENANAMAN PEPAYA

    Buat lubang pada bedengan  sedalam 30 cm, diameter 25 cm, kemudian masukan bokashi  kedalam lubang  dan masukkan pula bibit pepaya .Penanaman pepaya diatur dengan jarak 2 mx 2m, kemudian tutup dengan bokashi dan tutup dengan tanah lagi ,lalu kocor dengan gembor sampai basah semua tanah dan bokashi.


PEMUPUKAN TANAMAN PEPAYA

Pemupukan tanaman pepaya dilakukan beberapa kali
    Pemupukan pertama dilakukan pada saat tanaman berumur 2 minggu . Komposisi pupuk : Phonska 30 gram, SP 40 gram,ZA  40 gram, dan KCL  20 gr per pohon. Cara pemupukan  dengan membuat lubang di samping tanaman dengan jarak 10 cm dari batang, kemudian masukan pupuk dan timbun dengan tanah dan kocor atau aliri air.

    Pemupukan ke dua  dilakukan pada saat tanaman umur 1 bulan .Komposisi pupuk Phonska 40 gram,SP 70 gram,ZA60 gram,Kcl 30 gram per pohon. Cara pemupukan sama seperti diatas , tetapi jarak lubang ke batang tanaman 20 cm.

    Pemupukan ke tiga  pada saat tanaman umur 4 bulan. Komposisi pupuk Phonska 50 gram,SP 70 gram, ZA 70 gram, Kcl 40 gram per pohon.

    Pemupukan ke empat pada saat tanaman umur 6 bulan .komposisinya  Phonska 50 gram, SP 70 gram, ZA 70 gram, Kcl 50 gram per pohon.

    Untuk pemupukan selanjutnya dilakukan 1 bulan sekali dengan komposisi seperti yang ke 4.


PERAWATAN TANAMAN PEPAYA

    Perawatan dilakukan yaitu penyiangan dan pembersihan gulma serta pembubunan dilakukan  2 minggu sekali.pengairan dilakukan melihat kondisi tanah bila terlihat kering

                        
                       


                                            Gb. 3   buah pepaya muda



HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN PEPAYA

    Hama yang menyerang Tanaman pepaya antara lain : Uret, ulat daun, orong –orong .
    Penyakit yang biasanya menyerang waspadai busuk pelepah, jamur , cendawan.

PANEN PEPAYA

    Tanaman pepaya dapat mulai dipanen umur  9 bulan dengan frekuensi 10 – 15 hari,potensi hasil bisa mencapai 25 ton per hektar tergantung dari varietas ,iklim dan perawatan. Ciri buah yang siap dipanen adalah buah sudah hijau gelap dan semburat merah ada garis merahnya.

                     


                                        Gb. 3  Buah papaya siap dipetik.

Demikian 7 Langkah cara menanam / budidaya pepaya . semoga bermanfaat.





0 Response to "7 LANGKAH CARA MENANAM / BUDIDAYA PEPAYA"