Latest News

4 LANGKAH CARA MENANAM / BUDIDAYA PISANG



SEKILAS TENTANG TANAMAN PISANG

   4 Langkah cara menanam/budidaya pisang, Pisang adalah tanaman yang diambil buahnya ,batang pisang juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan, tanaman ini berasal dari Asia tenggara  dan menyebar ke Afrika,Amerika selatan dan tengah.Pisang tumbuh di dataran rendah hingga tinggi , didaerah tropis basah ,lembab dan panas, memerlukan air yang cukup tapi tidak tergenang.Tanaman pisang memerlukan tanah humus ,subur yang mengandung bahan organic.


MENANAM PISANG

     Pertama yang disiapkan adalah bibit tanaman pisang . Bibit diambil dari pisang anakan yang tumbuh disamping induknya, tinggi pisang anakan yang dipisah sekitar  1- 1,5 m,potongan umbi 20-30 cm , pilih pisang yang sehat.

    Cara menanam pisang : buat lubang di tanah pekarangan atau kebun dengan jarak 1m x 2m, diameter lubang 40 cm ,kedalaman 40 cm,kemudian kocor lubang dengan air hingga meresap , masukan bokashi lalu tanam/ masukan bibit pisang kedalam lubang kemudian timbun dengan bokashi  lalu kocor lagi dan terakhir timbun dengan tanah.

                        


                                  Gb.  Cara  penanaman pisang.



PERAWATAN TANAMAN PISANG

    Pemupukan dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan anakan ,walaupun sebenarnya pupuk kandang sudah cukup , tapi untuk anakan dianjurkan menggunakan pupuk kimia yaitu Phonska ,ZA, Kalium, Super fosfat.

    Penyiangan dan pembersihan gulma  dilakukan 2 minggu sekali untuk tanaman yang masih kecil, untuk selanjutnya  3 minngu sekali atau lebih bila tanaman sudah tumbuh rimbun. Pembubunan harus sering dilakukan untuk menguatkan akar tanaman agar tanaman dapat tumbuh maksimal dan tidak roboh.Pengairan ataupenyiraman  dilakukan pada saat musim kemarau dan melihat kondisi tanah dan tanaman bila terlihat kering.

    Pemeliharaan buah yaitu memotong jantung pisang ketika pertumbuhan buah dianggap  sudah cukup dan jarak jantung pisang dengan buahnya  mencapai 20 cm.Untuk menjaga agar tanaman pisang tidak roboh dibuatlah cagak penopang buah yang ditancapkan ditanah.Buah apabila telah masak harus  dibungkus dengan zak agar tidak dimakan codot.

                           


                                                

HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN PISANG

Hama yang menyerang antara lain Uret , Ulat gulung dan Codot.
Penyakit  yang menyerang antara lain Busuk pelepah, Busuk tunas , Grandong.


PEMANENAN PISANG

    Pemanenan tanaman pisang dilakuan ketika buah pisang telah suluh/ matang di pohon, atau buah sudah ada yang berwarna kuning .Cara panen yaitu dipotong bagaian tangkai buah dan dikumpulkan menjadi satu untuk dipasarkan.

                   


                                      Gb.  Buah pisang siap di panen

Demikian 4 Langkah cara menanam / budidaya pisang. semoga bermanfaat.


0 Response to "4 LANGKAH CARA MENANAM / BUDIDAYA PISANG"