Latest News

KUNYIT UNTUK OBAT SAKIT MAAG AKUT


    Kunyit tanaman obat, kunyit atau kunir( Curcuma Long linn) adalah tanaman jenis rempah –rempah  dan obat yang  dahulu tumbuh di asia tenggara.kemudian menyebar ke asia barat , Australia dan Afrika. Hampir seluruh masyarakat Indonesia, India dan Asia pernah mengonsumsi kunyit baik sebagai bumbu masakan, obat atau bahan kecantikan.Untuk kecantikan kunyit digunakan untuk luluran pada jaman kerajaan di nusantara sampai sekarang diturunkan ke masyarakat luas.

                         


    Untuk pengobatan juga telah diterapkan pada masa dahulu, extrak  kunyit atau kunir  yang diparut kemudian diambil airnya  dapat melapisi lambung dan menyembuhkan luka iritasi Biasanya penderita sakit lambung pasti ke dokter dan minum obat. Obat yang kita minun adalah obat kimia yang meninggalkan endapan / residu yang pada akhirnya menumpuk dalam tubuh kita dan akan menimbulkan gangguan organ lain. Untuk para penderita sakit lambung tau maag kronis , seperti saya , dianjurkan untuk berpindah ke pengobatan herbal yaitu kunyit / kunir.

Caranya  sebagai berikut:
    Ambil kunyit  berapa biji lalu kupas dan bersihkan dengan air.kemudian parut atau diextrak lalu beri air dan kemudian saring dan ambil airnya yang berwarna kuning dan beri madu 2 sendok makan lalu minun 2 x sehari pagi dan malam sebelum tidur.

                                       


   Untuk yang sakit maag akut , lakukan berulang – ulang dan ditambah minun air leri/ air cucian beras  sebelum di masak . Ingat beras yang tidak di poles, karena beras poles yang berwarna putih bersih sudah diberi obat pemutih oleh pedagang beras,cari beras yang putih alami.
    Untuk keadaan darurat , bawa kunyit sebesar ibu jari , ditaruh didalam tas atau saku bila sewaktu – waktu  salah makan atau lambung terasa perih setelah makan sesuatu yang kita tidak tahu , segera kupas kunyit dan makan langsung  agar perih lambung cepat reda, biar pun rasanya agak sengir atau tidak enak asal cepat sembuh.

Bagi para penderita sakit maag yang sudah akut atau yang biasa berikut ini tips dari saya agar sakit maag cepat sembuh :

    Minum kunyit, madu dan air leri ( air cucian beras sebelumdimasak.) seperti diatas secara rutin.
    Hindari pantangan/ larangan  yaitu : tidak makan yang pedas, hindari makan jerohan , baik ayam ,kambing , sapi. Hindari makan yang mengandung cuka, tidak makan kubis /kol,Buah atau makanan yang kecut / masam.
    Hindari pekerjaan yang berat secara fisik dan pikiran.
    Kelola emosi dan pikiran dengan baik atau hindari terlalu stress yang memicu keluarnya asam lambung.
    Lebih mendekatkan diri kepada yang maha kuasa agar pikiran tenang.
    Istirahat yang cukup dan tenangkan hati dan  pikiran.

Demikian manfaat kunyit untuk mengobati sakit lambung / maag akut dapat cepat sembuh .semoga artikel ini bermanfaat.



0 Response to "KUNYIT UNTUK OBAT SAKIT MAAG AKUT"