Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA SAWO



SEKILAS TENTANG SAWO

     Menanam / budidaya sawo ,Sawo adalah buah yang mempunyai warna kulit coklat muda dan bila telah masak  rasanya manis . Sawo juga mempunyai nama  Nesbery dan Sapodillas.Tanaman ini berasal dari Guatemala (Amerika tengah) Mexico dan Hindia barat.Di Indonesia tanaman Sawo telah lama di tanam di daerah Jawa , Madura.

             


    Tanaman sawo tumbuh di dataran rendah sampai tinggi hingga mencapai 1200 m dpl. Media tanah yang di butuhkan yaitu tanah lempung , lempung berpasir , tanah setengah pasir,tanah yang mengandung banyak bahan organic.ph tanah  5,7 – 7, suhun udara 22- 33 derajat  c, sinar matahari yang cukup, curah hujan sedang.

TEKNIS BUDIDAYA  SAWO

PENGADAAN BIBIT SAWO

    Bibit Sawo di peroleh dengan  2 cara yaitu generative dan vegetative , cara generative yaitu pembibitan dengan biji ( semai dengan biji) cara ini membutuhkan waktu yang lama. Sedangkan cara generative yaitu dengan setek batang , cangkok , okulasi. Cara ini mempunyai keunggulan , yaitu : tanaman cepat berbuah , identic dengan induknya .Untuk pengadaan bibit lebih baik bibit vegetative


PENANAMAN SAWO

    Tanah di bajak atau di cangkul agar gembur dan untuk membersihkan rumput dan alang –alang, kemudian membuat lubang  dengan kedalaman 50 cm , diameter 30 cm dan jarak lubang 10 meter.cara penanaman yang pertama masukan bokashi setebal 15 cm dan insektisida untuk mencegah serangan hama dari tanah, lalu kocor/siram dengan air hingga basah merata, kemudian masukan bibit kelubang tanam dengan melubangi bagaian bawah polybag  agar akar cepat berkembang ketanah, lalu masukan tanah bercampur bokashi dan rapatkan  dengan diinjak , kemudian kocor /siram sampai basah merata dan pasang tajuk agar tanaman tidak bergoyang.
baca juga : cara menanam /budidaya sawo di pot

PEMELIHARAAN TANAMAN SAWO

    Penyiraman  tanaman dilakukan 2 kali sehari , pagi dan sore untuk tanaman  baru sampai umur 1 bulan.Untuk tanaman umur 1 –  3 bulan , penyiraman dilakukan  1kali sehari , yaitu pagi atau sore hari. Untuk penyiraman tanaman yang sudah kuat dilakukan apabila diperlukan saja .

    Penyiangan dilakukan 2 minggu sekali atau apabila rumput liar telah tumbuh agar tanaman tidak terganggu pertumbuhannya.

    Pembubunan dikerjakan 2 minggu sekali  dengan menimbun tanah pada batang tanaman untuk memperkuat akar dan batang  agar kokoh dan tidak mudah  roboh.

    Pemupukan dilakukan  ketika tanaman umur 2 minggu , 1 bulan, 2 bulan ,4 bulan.dan dewasa atau ketika tanaman mulai ber buah. Dosis  pemupukan ; umur 2 minggu : urea  25 gram/ batang , umur 1 bulan Urea 25 gram/ batang, umur 2 bulan Urea 30 gram+ SP 10 gram/ batang, umur 4 bulan urea 50 gram + SP 20 gram, untuk pemupukan umur 1 tahun keatas  ZA/ Phonska  250 gram/ batang dan bokashi 30 – 40 kg per batang.

    Pemangkasan  dilakukan untuk membentuk batang utama dan memangkas cabang atau ranting yang  kurang produktif dan sehat .Pekerjaan ini dilakukan 4 bulan sekali dan ketika berbunga . Untuk penjarangan buah dilakukan untuk menyeleksi buah yang sehat agar tumbuh  seragam.

                   



HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN SAWO

    Hama yang menyerang tanaman sawo antara lain:Lalat buah ,Kutu hijau ,cara pengendaliannya semprot dengan Insektisida Imidakloprit, bulldog.
    Penyakit yang biasannya menyerang yaitu:Jamur upas ,Jamur jelaga ,Hawar benang putih,busuk buah.

PEMANENAN SAWO

    Tanaman sawo dapat dipetik ketika telah masak  ciri –ciri nya : ukuran buah telah optimal , warna buah coklat muda dan daging buah sudah lembek dan tangkainya mudah lepas .Buah sawo  matang tidak bersamaan harus dilakukan seleksi panen. Cara panen dengan memuntir buah yang telah masak dan memasukan ke keranjang agar mudah pengumpulannya.

                        



                                 Gb. Buah sawo yang telah masak

Demikian tentang cara menanam / budidaya sawo .semoga bermanfaat.
baca juga: cara menanam / budidaya sawo di pot  / sawo tabulampot


1 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA SAWO"

  1. Yuuk, kita budidayakan tanaman sawo ini, bisa untuk tabulampot sebagai hiasan di depan rumah anda maupun di tanam di pekarangan. perawatan mudah dan cepat berbuah lho....
    bibit tanaman buah (bibit jeruk,kelengkeng,durian dll)

    ReplyDelete