Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA BAWANG MERAH DI POLYBAG / POT



MENANAM / BUDIDAYA BAWANG MERAH DI POT ATAU POLIBAG, Pada dasarnya cara menanam atau budidaya semua  tanaman hampir sama ,untuk budidaya tanaman di polybag atau pot lebih praktis dalam perawatan yaitu pengairannya, berikut ini saya sampaikan cara menanam atau budidaya bawang merah di pot /polybag.

                 



Untuk memulai budidaya , harus di persiapkan beberapa hal ,antara lain:

·        Media tanah  
·        Pot atau polybag
·        Bibit bawang merah siap tanam
·        Air
·        Furadan
·        Sedikit pupuk atau fertilizer


   Media tanah yang di perlukan yaitu tanah humus  di tambah abu sekam di tambah lagi kompos  dengan perbandingan 1:1:1 ,misalnya tidak ada ya pakai bokashi saja.

    Untuk penanaman bawang merah, masukan tanah atau bokashi kedalam polybag atau pot , tapi sebelumnya aduk tanah dengan kompos dan abu sekam secara merata di tambah 5 gram furadan  per polybag atau pot.setelah merata dan di masukan ke polybag atau pot , lalu lakukan pengairan sampai basah merata , selanjutnya potong ujung bibit bawang merah 1/3 dari panjang bibit dan tancapkan bibit bawang merah ke tanah sedalam 2/3 dari panjang bibit dengan jarak  10- 12 cm , jadi polybag diisi dengan 4- 5 biji bibit dan tergantung ukuran polybag atau pot.

    Perawatan tanaman bawang merah meliputi pengairan,pemupukan, pembersihan gulma , pembubunan dan pengendalian hama dan penyakit.
   Pengairan tanaman bawang merah di plybag atau pot  dilakukan  minggu sekali atau apabila tanah terlihat kering dan setelah pemberian pupuk. Caranya dengan di siram atau kocor dengan menggunkan slang air.

    Pemupukan dilakukan pada tanaman umur 1,3 ,4 minggu , komposisnya  NPK 5 gram per polybag  bila umur tanaman bertambah sesuaikan dengan di tambah sedikit.
   Pembersihan gulma dilakukan 1 minggu sekali atau apabila gulma telah tumbuh, sedangkan pembubunan atau penimbunan tanah di pangkal batang tanaman dilakukan  2 minggu sekali.

   Pengendalian hama dan penyakit  cukup mudah, untuk ulat dan telur cukup  diambil ulat dan telur dari daun, sedangkan penyakit yang menyerang di kendalikan dengan pestisida hayati atau pestisida ramah lingkungan ( bila beli di toko pertanian  botolnya ada tanda lingkaran hijau di akhir lebelnya)


                        



    Pemanenan tanaman bawang merah dapat di lakukan ketika tanaman umur 55-65 hari , caranya dengan di cabut  tanaman dari tanah lalu di keringkan  , dijemur di wadah pada siang hari.

    Demikian cara menanam dan budidaya tanaman bawang merah di pot atau polybag.
    Semoga bermanfaat..

artikel terkait :





9 Responses to "CARA MENANAM / BUDIDAYA BAWANG MERAH DI POLYBAG / POT"

  1. Kalo pake sekam biasa dan sabut kelapa, gimana ?
    Bisakah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pernah pakai sekam di campur dengan bokashi hasilnya bagus ...kalau yang seperti itu belum pernah

      Delete
  2. Replies
    1. pupuk kandang yang telah difermemntasi untuk menghilangkan gas amoniak nya.

      Delete
  3. Bawang merah yg dijual tuk konsumsi bisa gak dijadikan bibit ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ,tapi harus diseleksi,kemudian disimpan beberapa bulan ..baru bisa ditanam. lebih baik memilih bibit dari awal.

      Delete
  4. Mas Samuji ada pengalaman tanam Jahe Merah dalam Polybag kah...
    Klo ada aku mau tanya kenapa sering daun kuning dan disusul kadang batangnya rebah dan busuk, kering, tp tdk mati umbinya dan tetap baik,
    Juga cara menghalau serangga Belalang dg ramuan insectisida organik mngkin Mas Samuji Zaky punya ilmunya.... pliiis tengkiyu Gan

    ReplyDelete
  5. Mas Samuji ada pengalaman tanam Jahe Merah dalam Polybag kah...
    Klo ada aku mau tanya kenapa sering daun kuning dan disusul kadang batangnya rebah dan busuk, kering, tp tdk mati umbinya dan tetap baik,
    Juga cara menghalau serangga Belalang dg ramuan insectisida organik mngkin Mas Samuji Zaky punya ilmunya.... pliiis tengkiyu Gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin terkena bakteri, untuk menghalau belalang ramuan organiknya antara lain isi buah maja/ mojo + rebung dan aresnya pisang keprok dihancurkan kemudian ditambah tetes murni + air disimpan selama 2 minggu ,bila baunya nyengat berarti sudah jadi tinggal disemprotkan diambil 2 gelas aqua per 17 liter.

      Delete