Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA KENTANG DALAM KARUNG



MENANAM / BUDIDAYA KENTANG DALAM KARUNG, Menanam kentang dapat di lakukan di macam – macan media ada menanam kentang di pot, di keranjang , polibag,di box , dan masih banyak lagi , tanaman kentang dapat hidup, asal ada media tanahnya dan juga unsur – unsur yang di perlukan untuk hidup dan pertumbuhan ( unsur makro dan mikro) . menanam / budidaya kentang dalam karung dapat dilakukan di rumah , tepatnya di samping rumah atau di belakang walaupun tempatnya terbatas.cara menanam / budidaya kentang model ini sama saja dengan yang ada di lahan pertanian /sawah , hanya cara perawatan saja yang agak berbeda. Berikut ini saya sampaikan cara menanam kentang dalam karung.


           



MENANAM / BUDIDAYA  KENTANG DALAM KARUNG.

Untuk menanam kentang dalam karung yang perlu di siapkan antara lain : medianya yaitu karung , tanah / bokasi , bibit kentang siap tanam ,air ,Furadan / obat anti hama tanah, sekrop kecil air.
               
Untuk mulai menanam kentang dalam karung yaitu memasukkan tanah bercampur dengan bokasi kedalam karung dengan ketinggian tanah 25 – 30 cm selanjutnya taburkan Furadan / obat anti hama tanah kira -,kira 20 gram per karung / kantong.selanjutnya , lakukan penyiraman di media  tanah dan bokashi sampai basah merata .


                

Sebelum tanam , bibit kentang harus di pilih dari bibit yang bagus ,sehat dan genjah serta telah cukup umur yaitu sudah tumbuh tunas sekitar 3- 5 cm . Penanaman kentang dilakukan dengan membenamkan bibit kentang kedalam tanah di dalam karung.tiap karung diisi 4- 5 biji bibit.

                  
PERAWATAN TANAMAN

Perawatan tanaman kentang pada tanam di karung sangat mudah perawatan yang dilakukan antara lain :

Penyulaman dilakukan bila ada tanaman mati atau kurang sehat diganti dengan bibit baru yang sehat penyulaman dilakukan pada saat umur tanaman 1- 2 minggu.
Penyiraman / kocor dilakukan  tiap hari pada tanaman yang masih baru dasn bila sudah tumbuh dilakukan  5 – 7 hari sekali serta melihat kondisi tanah.

Pembersihan gulma dilakukan 1 minggu sekali atau bila rumput liar pengganggu tanaman telah tumbuh .

Pemupukan dilakukan pada saat tanaman umur 2 minggu , 4 minggu dan 6 minggu , pupuk yang di gunakan NPK  dosisinya 25 – 30 gram per batang. Cara pemupukan dengan di tabur atau di buatkan lubang selanjutnya di siram sampai pupuk larut kedalam tanah.


                      



Sedangkan perawatan pengendalian hama dan penyakit tanaman kentang lihat di  sini  HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN KENTANG


 Pemanenan kentang

Panen tanaman kentang dilakukan bila tanaman sudah berumur mulai 80 hari setelah tanam ,tergantung jenis varietas dan perawatannya .


              


Demikian cara menanam / budidaya kentang di karung atau polibag . semoga bermanfaat.


1 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA KENTANG DALAM KARUNG"