Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA NANGKA



CARA MENANAM / BUDIDAYA NANGKA , Nangka merupakan tanaman buah yang berasal dari daerah tropis , tumbuh subur didaerah seluruh Indonesia.Tanaman ini di manfaatkan buahnya, buah yang muda dapat  di dimanfaatkan  untuk sayur , dan yang tua sebagai buah .



              




Tanaman nangka dapat tumbuh di dataran rendah sampai tinggi hingga ketinggian 1300 m dpl, sedangkan untuk ketinggian yang ideal antara 0 – 800 m dpl,tumbuh di tanah yang subur , gembur ataupun tanah lempung yang mempunyai kandungan kaya bahan organik, ph tanah 5,8 – 7 ,curah hujan 1500 mm – 2500 mm per tahun, penyinaran matahari cukup.


Menanam / budidaya nangka

Persiapan bibit

Ada 2 cara untuk mendapatkan bibit nangka yaitu dengan cara perbanyak biji (generatif )dan cara setek / tempel ,sambung pucuk (vegetatif ).pilih bibit yang  sehat dan genjah

Persiapan lahan / kebun

Kebun di bersihkan dari semak / rumput liar dengan di babat sabit atau di cangkul lalu di kumpulkan dan di bakar , atau dengan di semprot herbisida purna tumbuh ( Glisat , Roundup, Rambo) dengan takaran minimal 200 ml per 20 liter air . dan tunggu sampai rumput kering kira –kira 10 hari , selanjutnya lahan dapat di olah. Dengan membuat lubang diameter 35 -40 cm , kedalaman 50 cm dan jarak lubang 4- 5 meter.


 Penanaman bibit nangka

Masukkan tanah campur bokashi lalu siram sampai merata dan beri obat anti hama Furadan , 25 gram per lubang, masukkan bibit nangka kelubang selanjutnya timbun dengan tanah lalu kocor / siran sampai basah merata , dan pasang tajuk ikat dengan tali agar tananam tidak gerak.


Perawatan tanaman

Penyulaman dilakukan bila ada tanaman yang mati di ganti dengan tanaman yang baru.
Penyiraman dilakukan tiap hari ,untuk tanaman yang masih baru,sedangkan bila sudah tumbuh  3 hari sekali , untuk tanaman yang sudah dewasa penyiraman dilakukan hanya bila diperlukan saja.

Pemupukan tanaman nangka , untuk tanaman yang masih kecil bisa digunakan pupuk pertumbuhan seperti Urea , NPK, denagn dosis 30 gram tiap batang dan dosis di tambah bila ukuran tanaman bertambah besar.Bila  sudah besar gunakan pupuk kandang .

Perempelan dan pemangkasan dilakukan untuk mendapatkan cabang yang baik dan ideal dan membuang cabang yang tidak diperlukan atau yang terserang penyakit.



                





Pemanenan buah nangka

Tanaman nangka sudah berbuah mulai umur 2 tahun setelah tanam ( untuk jenis genjah) untuk panen ada 2 alternatif yaitu panen buah muda dan buah matang .Untuk panen buah muda biasanya diperuntukkan untuk sayuran seperti gudeg jogja dll,panen buah muda umur 4-5 bulan setelan berbunga . sedangkan panen buah matang kira –kira buah umur 8 bulan setelah pembungaan.

 
Ciri fisik buah nagka yang sudah matang antara lain:

·        Warna buah sudah berubah dari hijau menjadi kekuningan
·        Mengeluarkan aroma yang harum
·        Durinya mulai lunak
·        Kulit buah sudah seperti akan pecah.




Demikian cara menanam / budidaya tanaman nangka , semoga bermanfaat.




0 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA NANGKA"