Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA KACANG HIJAU



CARA MENANAM / BUDIDAYA KACANG HIJAU , Kacang hijau adalah komoditas penting di Indonesia dan dunia . kacang hijau adalah sumber protein nabati yang tinggi selain kedelai , kacang hijau dapat diolah menjadi bermacam – macam olahan  susu, tepung .dll


       




Tanaman kacang hijau dapat tumbuh di dataran rendah maupun tinggi , media tanah yang cocok adalah tanah lempung berpasir , tanah branjangan , tanah vulkanik  tanah yang banyak mengandung zat organik , ph 5,6- 7, sinar matahari yang cukup , dan drainase yang baik.


Menanam / budidaya kacang hijau .

Persiapan lahan .

Lahan di gemburkan dengan di bajak / di cangkul sedalam 25 – 35 cm  agar mendapatkan tanah lapisan bawah kemudian di haluskan , selanjutnya sebarkan bokashi 10 ton / ha, dan bentuk bedengan  , tinggi 25 cm lebar 90 -100 cm  sedangkan jarak bedengan 40 cm , panjang bedengan tergantung panjang sawah/ lahan.



                 




Benih kacang hijau.

Memilih benih kacang hijau proses awal budidaya yang sangat penting untuk itu harus diperhatikan agar tidak keliru ,benih kacang hijau pilih yang sehat, tidak cacat,genjah ,dari tanaman induk yang sudah tua dan panen disaat yang tepat.


Penanaman kacang hijau

Membuat tugal / lubang di bedengan dengan jarak tanam 25 x 25 cm tiap,lubang diisi 3 biji  ,lalu di tutup dengan tanah / bokashi selanjutnya lakukan pengairan sampai basah merata lalu buang airnya sampai tuntas, kemudian semprot dengan herbisida pratumbuh yang berbahan aktif oksifluorfen  ( goal 240 ec , golma 240 ec)  dengan dosis 30 cc  / 17 lt atau tangki seprayer , untuk mengendalikan pertumbuhan rumput liar.


 Perawatan tanaman kacang hijau

Penyiraman atau pengairan dilakukan seminggu setelah tanam , kemudian 2 minggu sekali apabila tidak turun hujan. Caranya : bedengan dialiri air sampai penuh dan merata kemudian dilakukan pembuangan secara tuntas .

 Pembubunan dilakukan dengan membenahi bedengan / ipuk agar pertumbuhan akar tidak terganngu akibat longsor setelah pengairan ini dilakukan 2 minggu sekali  ketika  masih kecil sampai tanaman umur 45 hst.

Pembersihan gulma dilakukan pada umur  21 hst dengan mencabut rumput liar disela tanaman atau di kecrik ( jawa ) menggunakan cangkul kecil pada sela tanaman.

Pemupukan tanaman kacang hijau  dilakukan pada umur 15 hst dan 35 hst. Unutk lebih jelasnya lihat di bawah ini:


Umur pemupukan
Urea
za
sp
kalium
15 hst
110 kg/ ha

140 kg/ ha

35 hst

50 kg/ ha
165 kg/ ha

100 kg / ha


Cara pemupukan : di buat tugal / lubang di tengah  tanaman  ( 4 batang  1 pupuk) atau bisa juga di buatkan larikan kemudian ditutup tanah setelah pemberian pupuk , selanjutnya dilakukan pengairan.



           




 Hama dan penyakit tanaman kacang hijau

Hama yang menyerang tanaman kacang hijau antara lain : ulat daun, ulat jengkal , kutu putih , kutu hitam ,lalat kacang. Cara pengendaliannya : untuk jenis ulat semprot dengan insektisida berbahan aktif klorpenafir, beta siflutrin,sipermetrin. Untuk jenis kutu menggunakan Imidakloprit , dan untuk jenislalat gunakan Abamectin.

 Penyakit yang menyerang antara lain : layu bakteri ,layu fusarium, busuk batang , mozaik kuning, cara pengendaliannya gunakan fungisida berbahan aktif : strepsomisin ( agrept 20 wp,bactomycin 15/ 5 wp), benomil, mancozeb.
                      


 Pemanenan kacang hijau

Tanaman kacang hijau dapat di panen pada umur 70 - 75  hst  ciri –ciri buah yang siap dipanen : daun mulai menguning ,kulit buah sudah berubah warna berwarna kekuningan  / agak gelap , cara panen  dengan memotong batang tanaman dengan sabit ,kemudian mengumpulkan  dan dirontokan untuk mendapatkan biji kacang hijau .

                     
  
        
   
      


Demikian artikel tentang cara menanam / budidaya kacang hijau. Semoga bermanfaat.


0 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA KACANG HIJAU"