Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA LABU SIAM DI POT / POLIBAG



CARA MENANAM / BUDIDAYA LABU SIAM DI POT / POLIBAG , Labu siam adalah tanaman merambat dari jenis labu-labuan,tanaman ini di manfaatkan buah dn daun pucuk untuk sayur dan lalapan , di Indonesia orang memberi nama gondes , Jipang .



                    




 Untuk membudidayakan tanaman labu siam sangat mudah dan dapat dilakukan di pekarangan rumah , di samping maupun di belakang rumah. Bila di sekitar rumah tidak ada tanah yang kosong dapat juga di tanam di pot / polibag.


Berikut ini cara menanam / budidaya labu siam di pot/ polibag .

Persiapan media tanam

Siapkan pot atau polibag yang besar kemudian isi dengan tanah dicampur bokshi perbandingan 1:1 lalu aduk sampai bercampur merata , tambahkan Furadan  untuk mencegah serangan hama dari tanah, aduk dan masukkan kedalam pot / polibag.


Persiapan bibit

Bibit labu siam didapat dari buah labu siam yang sudah tua , berumur kemudian semaikan pada tanah atau polibag kecil dengan memasukkan ketanah dan di timbun tipis , siram 4 hari sekali  atau bila tanah kelihatan kering dan jangan berlebihan cukup basah tanahnya saja ,dan hindarkan dari air hujan agar buah tidak busuk ,kemudian setelah bertunas dan menjalar kira -kira 8 minggu setelah penyemaian baru dapat di pindahkan ke tempat yang akan di tanami . Untuk lebih jelasnya lihat di cara menyemaikan / menumbuhkan labu siam dari buahnya



                





Menanam labu siam

Siram bokashi di pot / polibag sampai basah merata kemudian masukkan bibit labu siam yang sudah bertunas dan berakar dari semaiannya kedalam tanah kemudian tutup dengan sedikit tanah dan siram dengan air merata. lihat di http://bit.ly/2c6dAR3


Perawatan tanaman

 Penyiraman dilakukan setiap hari pada tanaman yang baru di tanam , kemudian setelah tumbuh / hidup penyiraman dilakukan 3- 4 hari sekali atau melihat kondisi tanah .

Perambatan tanaman di buatkan tajuk yang tinggi dan perambatan diatas agar pertumbuhannya dapat maksimal , atau bisa di rambatkan di pagar rumah.
Pembersihan gulam atau rumput liar dilakukan ketika ada gulma yang tumbuh menggangu tanaman , ini dilakukan 2 minggu sekali atau bila terlihat ada tanaman liar di batang tanaman.

 Pemupukan tanaman dilakukan  1 minggu setelah tanam dan selanjutnya 2 minggu sekali , pupuk di gunakan yaitu pupuk Npk / ZA dengan dosis 25 gram / batang  dan bila telah tumbuh ,dosis pemupukan ditambah.perlu juga di tambahkan bokashi setiap 1 bulan sekali . Setelah pemupukan harus dilakukan pengairan/ penyiraman.



                          




Pemanenan tanaman labu siam

Tanaman labu siam mulai berbunga setelah umur 3 – 5 bulan hst ( tergantung perawatan juga ) buah yang siap di panen biasanya umur mulai 2 -3 minggu setelan bunga . panen labu siam tidak dapat serempak tetapi diseleksi yang matang optimal,panen bisa dilakukan tiap 3 hari sekali dan tanaman ini dapat produktif selama 3 tahun ,selama perawatan tanaman maksimal .



              



 Demikian artikel tentang cara menanam / budidaya labu siam di pot / polibag. Semoga bermanfaat.
baca juga : cara menyemaikan / menumbuhkan labu siam dari buahnya





0 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA LABU SIAM DI POT / POLIBAG"