Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA SAWI DI POT / POLIBAG



Cara menanam / budidaya sawi dipot/ polibag, sawi atau caisim / caisin adalah tanaman sayuran yang sering dibutuhkan setiap saat karena sawi mengandung unsur yang banyak di butuhkan oleh tubuh kita . untuk mendapatkan sawi organik sangat susah karena pada umumnya sayuran yang di tanam disawah mengunakan pupuk dan pestisida kimia.



               



Sebenarnya menanam sawi secara organik sangat mudah dan dapat dilakukan di rumah yang  ditempatkan di pot / polibag .berikut ini cara menanam/ budidaya sawi di pot/ polibag .


Beberapa hal yang perlu disiapkan untuk menanam sawi di pot / polibag antara lain:

·        Tanah dan bokashi
·        Pot/ polibag ukuran sedang
·        Bibit sawi
·        Air
·        Sekop kecil


 Langkah –langkah untuk menanam sawi di pot/ polibag yaitu :

 Tanah dicampur bokashi dengan perbandingan 1:1 kemudian diaduk merata dan dimasukkan kedalam pot/ polibag  selanjutnya siram dengan air sampai merata dan taburkan biji sawi ke polibag .


Perawatan tanaman sawi dipot / polibag

Penyiraman untuk tanaman yang baru dilakukan setiap hari , gunakan air yang bersih dan tidak terlalu deras agar biji sawi tidak berpindah. Selanjutnya bila sawi telah tumbuh , penyiraman dapat dilakukan 2 hari sekali dengan aliran air yang agak deras.


                      



Pembersihan rumput  / gulma dilakukan 1 minggu sekali atau bila rumput penggangu telah tumbuh, cara mencabut dengan hati –hati agar akar tanaman sawi tidak ikut tercabut.

Pemupukan tanaman sawi dilakukan pada umur 1 dan 2 minggu , gunakan pupuk bokashi atau pupuk organik cair (poc )dengan menyiramkan pada tanaman kemudian dilakukan penyiraman secara merata .


Pemanenan sawi

Tanaman sawi dapat dipanen mulai umur 28 hari tetapi untuk idealnya pada usia 35 hari , cara panen dengan memotong pada pangkal batang menggunakan sabit ,lau dikumpulkan dan diikat.


              


Demikian cara menanam / budidaya sawi di pot / polibag . semoga bermanfaat.


0 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA SAWI DI POT / POLIBAG"