Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA KITOLOD DI POT /POLIBAG



CARA MENANAM / BUDIDAYA  KITOLOD DI POT/ POLIBAG , Tumbuhan Kitolod atau kembang jangar / bunga bintang lima ada juga yang menyebutnya bunga korejat , tanaman ini mempunyai khasiat menyembuhkan sakit mata mulai dari katarak , mata minus ,plus ,rabun dekat ,rabun jauh dan lain sebagaianya .



           




Untuk mendapatkan  bungai kitolod / bunga bintang lima atau korejat gampang gampang susah ,kadang mendapatkan ditepi got /tepi jalan dipinggir pematang sawah ,terkadang juga mencari kemana –mana tidak ketemu. Agar mudah mendapatkan bunga sebaiknya menanam / membudidayakan sendiri di pot atau polibag dan ditempatkan di pekarangan rumah.


Menanam / membudidayakan bunga kitolod /bunga bintang lima sangat mudah  ,berikut ini hal-hal yang dibutuhkan untuk membudidayakan bunga kitolod / korejat antara lain:

1.     Pot /polibag
Pilihlah pot /polibag yang berukuran sedang sekitar diameter 25 cm ,atau juga kantng plastik bekas / timba bekas.


            



Bokashi atau kompos dicampur dengan tanah ,perbandingan 1:1 dan tambahakan insektisida furadan  kemudioan diaduk sampai merata .


3.     Bibit kitolod / bunga bintang lima / korejat
Benih kitolod diambil dari buah kitolod yang sudah tua dan mengering, lalu diambil di gosok agar terpisah dari bungkusnya dan dijemur sampai kering .



         



4.     Air , selang ,sekop kecil dan shower .


Cara menanam / budidaya kitolod / korejat / bunga bintang lima di pot / polibag.

Lakukan penyiraman pada  pot / polibag  yang berisi bokashi bercampur tanah sampai basah merata ,selanjutnya tebarkan biji kitolod / jangar / korejat secara merata dipot / polibag ,lalu tutup dengan tanah lembut /halus  dan tipis.

Perawatan tanaman kitolod / bunga bintang / korejat.

Penyiraman dilakukan 1 hari sekali atau  bila tanah terlihat agak kering dengan air yang tidak deras agar biji nya tidak loncat.

Penjarangan dilakukan bila tanaman terlalu rapat dengan dipindahkan ke pot /polibag yang lain agar didapatkan jarak yang ideal dan dapat berkembang secara maksimal.

Pembersihan rumput pengganggu dilakukan 2 minggu sekali atau bila rumput liar telah tumbuh.

Pemupukan tanaman ini gunakan pupuk kompos atau bokashi dengan disebar di sekitar tanaman dan selanjutnya dilakukan penyiraman.


Demikian  cara menanam / budidaya bunga kitolod / kembang jangar / korejat /bunga bintang lima di pot /polibag .  Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


15 Responses to "CARA MENANAM / BUDIDAYA KITOLOD DI POT /POLIBAG"

  1. Assalamualaikum mz Zaki saya butuh bunga kitolod ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah mencarinya , di pinggir aliran air, sawah atau disemak-semak sekitar rumah biasanya ada.

      Delete
  2. bisa nyembuhin atau mengurangi mata minus apa ngak ? please jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaallah bisa ,sudah banyak yang membuktikan

      Delete
    2. Kalo buat yg sdh trlnjur buta apa bisa?? Krna dlu ny kena infeksi

      Delete
  3. Saya udah coba pakai, udah 4 hari kok belum berkurang ya minusnya malah tiap pagi kalo bangun tidur selalu belekan, minta infonya donk pliss, makasih

    ReplyDelete
  4. Saya udah coba pakai, udah 4 hari kok belum berkurang ya minusnya malah tiap pagi kalo bangun tidur selalu belekan, minta infonya donk pliss, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hitungannya bulan mbak bukan hari,kalo beleken itu mungkin kotorannya keluar,silahkan di lanjut

      Delete
  5. Wah serius nie....pernah coba cuman sekali perihnya bikin kapok......
    Krn bunganya aq petik langsung aq tetesin kemata ......bgm menurut kalian semuanya ....adakah testimoni dr teman2 .....trims

    ReplyDelete
  6. Wah serius nie....pernah coba cuman sekali perihnya bikin kapok......
    Krn bunganya aq petik langsung aq tetesin kemata ......bgm menurut kalian semuanya ....adakah testimoni dr teman2 .....trims

    ReplyDelete
  7. Ane udh coba Mas, tapi langsung dr gelas bekas rendaman kitolod, alhasil langsung keluar kotoran gitu..apa itu efek dr manfaat bunga tersebut.?

    ReplyDelete
  8. Mas samuji zaky,,saya mau tanya penyebaran bunga kitolod itu dimana aja ya saya tinggalnya di kaltim,,saya boleh minta tolong paketkan bijinya ntar saya bayar drh mas plisss id line indranoor94
    Jawab mas plisss

    ReplyDelete
  9. Mas samuji zaky,,saya mau tanya penyebaran bunga kitolod itu dimana aja ya saya tinggalnya di kaltim,,saya boleh minta tolong paketkan bijinya ntar saya bayar drh mas plisss id line indranoor94
    Jawab mas plisss

    ReplyDelete