Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA KUNYIT DI POT/ POLIBAG



CARA MENANAM / BUDIDAYA KUNYIT DI POT / POLIBAG , Kunyit atau kunir (Curcuma longa Linn ) adalah merupakan tanaman rempah yang berasal dari Asia , tanaman ini juga bahan dasar obat herbal dan kosmetik , kunyit atau kunir mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kita, untuk itu perlu membudidayakan sendiri , menanam / budidaya kunyit tidak harus dilahan yang luas , menanam kunyit di pot /polibag lebih mudah dalam hal perawatannya . maka akan saya sampaikan  cara menanam / budidaya kunyit atau kunir di pot / polibag.



     




 Yang perlu disiapkan antara lain:

  Pot / polibag

 Gunakan pot atau polibag ukuran sedang , diameter kira –kira 30 cm ,lubangi bagaian bawah bila masih tertutup.

 Bibit kunyit

 Bibit kunyit diperoleh dari umbi kunyit yang sehat dan disimpan kira – kira 2 minggu dan sampai bertunas.

 Bokashi / kompos

 Siapkan kompos / bokashi dan campur dengan tanah dengan perbandingan 1: 1  kemudian tambahkan insektisida Furadan 3 g  untuk mengendalikan hama dari tanah.selanjutnya masukkan bokashi / kompos kedalam pot / polibag hingga ¾ dari tinggi pot /polibag.

Air dan sekop kecil.


 Cara menanam / budidaya kunyit di pot / polibag.

Siram pot / polibag denganair sampai basah merata ,lalu benamkan  bibit kunyit yang telah bertunas kedalam pot /polibag sedalam 5 cm, kemudian timbun dengan bokashi.







Perawatan tanaman kunyit

Penyiraman dilakukan setiap hari untuk tanaman yang masih baru, kemudian bila telah tumbuh penyiraman bisa dilakukan 2 hari sekali atau bila tanah terlihat kering .
 Penyulaman dilakukan bila ada tanaman yang mati atau kurang sehat ,diganti dengan tanaman yang  baru.

Pemupukkan dilakukan umur 2 minggu ,dan kemudian tiap 3 minggu sekali gunakan pupuk kompos / bokashi , bila perlu gunakan pupuk hayati /pupuk organik cair ( POC ) yang dapat di beli di toko pertanian . kemudian lakukan penyiraman setelah pemupukan.


Pemanenan  tanaman kunyit / kunir

 Tanaman kunyit atau kunir dapat dipanen mulai umur 7  bulan atau bila umbi / rimpang kunyit telah berkembang optimal , tanaman yang telah siap panen  ditandai dengan berhentinya pertumbuhan vegetatif kemudian  daun dan batang yang mulai mengering. Panen kunyit dilakukan dengan cara di cabut batangnya atau di sekrop  bagaian tepi umbi / rimpang .








Demikian cara menanam / budidaya kunyit  di pot /polibag .semoga bermanfaat.


0 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA KUNYIT DI POT/ POLIBAG"