Latest News

HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN MENTIMUN



HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN MENTIMUN,  Hama yang sering menyerang tanaman mentimun antara lain :


1.     Semut merah


             

                         
Semut merah menyerang biji mentimun yang baru di tanam dengan cara membawa keluar dari lubang dan memakannya .cara mengatasinya : sebelum icir / penanaman , biji harus di campur dulu dengan Insektisida bahan aktif Karbosulfan yaitu Marshal 5 g .dengan dosis 5 gram per 5 pack / sachet.



2.     Uret / gayas / embuk



                



Hama ini menyerang tanaman mentimun saat tanaman mulai tumbuh dan mengeluarkan akar, yang diserang adalah akar tanaman kemudian batang yang ada dalam tanah , sehingga tanaamn layu dan mati.
Cara penanggulangannya : taburkan insektisida berbahan aktif karbofuran (Furadan ,Sidafur dll)  dengan dosis 14 kg / ha pada akar tanaman atau dicampur saat pemupukan.



3.     Ulat tanah  (Agrotis ipsilon )

              


Ulat tanah berwarna hitam menyerang akar tanaman mentimun dengan memakan akar dan batang sehingga menyebahkan layu dan mati , biasanya menyerang saat malam hari .
Cara penanggulangannya : gunakan  Insektisida tabur berbahan aktif Fipronil  ( Regent 0.3 g ) taburkan bersama dengan pemupukan atau dikocorkan dengan air.



4.     Penggorok daun / Lalat daun


   



Hama penggorok daun berasal dari lalat Liriomiza yang meletakkan telurnya dengan menyuntikkan kedalam jaringan daun , selang 3 hari telur menetas dan menjadi larva yang memakan jaringan daun ,daun mentimun terlihat seperti garis putih ,lama-lama akan melebar dan selanjutnya kering dan mati.serangan seperti juga pada tanaman bawang merah
Cara penanggulangannya : untuk penanggulangan lalatnya perlu dibuatkan jebakan baca di cara membuat jebakan lalat penggorok daun dan untuk larvanya gunakan insektisida bahan aktif Abamectin ,dosisnya hampir sama dengan dosis pemakain pada tanaman bawang merah , baca disini .


5.     Cabuk / kutu hitam

Cabuk / kutu hitam menyerang daun mentimun dengan menyerap sari makanan lewat tulang daun tanaman mentimun , daun akan tampak kuning kemudian layu dan mati. Biasanya hama ini menyerang saat puncak musim kemarau.
Cara penanggulangannya : gunakan insektisida berbahan aktif Imidakloprit  ( Interprit ,klapindo ) dan Fipronil ( regent 0.3 g )di semprotkan pada daun dengan dosis 2 sendok makan  tiap 17 liter air. Cara penyemprotannya : dari atas dan bawah daun.


6.     Kutu putih / aphis


          



Kutu putih menyerang daun mentimun sama persih dengan cabuk tetapi kutu putih mengisap cairan pada daun bagain dalam , kutu putih menyerang tanaman mentimun saat musim hujan maupun kemarau.
Cara penanggulangannya: semprot dengan insektisida berbahan aktif Imidakloprit  dengan dosis penyemprotan  2- 3 sendok makan tiap tangki semprot ( 17 liter air ),cara penyemprotannya dari balik daun atau daun bagaian dalam.

7.     Kumbang pemakan daun / oteng-oteng

Hama ini menyerang daun dan bunga mentimum , daun akan berlubang dan memakan tunas muda juga ,sehingga daun dan tunas akan hilang dan tidak berkembang. Cara  penanggulangannya : semprot insektisida bahan aktif  Karbaril  (Sevin 85 sp ,Indovin 85 sp )  dan  Abamectin ( demolish , agrimec )


8.     Tungau

Tungau juga menyerang tanaman mentimun , biasanya serangan terjadi pada puncak musim kemarau saat udara panas dan lembab, tungau menyerang dengan menghisap cairan pada batang dan daun tanaman mentimun, sehingga tanaman akan layu dan mati. Cara penanggulangannya : semprot dengan insektisida bahan aktif  propargit ( omite 570 ec )  dengan dosis  15 – 20 cc per tangki semprot ( 17 -18 liter ) jangan sampai lebih bisa menyebabkan daun kering.


Demikian tentang hama yang menyerang tanaman mentimun .semoga bermanfaat.


0 Response to "HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN MENTIMUN"