Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA BAWANG PUTIH DI POT /POLIBAG



CARA MENANAM / BUDIDAYA BAWANG PUTIH DI POT / POLIBAG, Bawang putih adalah jenis tanaman hortikultura  yang di manfaatkan umbinya sebagai bumbu penyedap masakan dan juga bahan obat herbal . bawang putih ditanam pada daerah pegunungan  dilahan sawah atau ladang yang luas ,untuk kebutuhan rumah tangga kita bisa menanam bawang putih disekitar rumah dengan memakai pot/ polibag.


              



Untuk menanam / budidaya  bawang putih dipot/ polibag yang harus dipersiapkan antara lain:


Pot / polibag

Pot / polibag yang dibutuhkan untuk budidaya ukuran sedang berdiameter minimal 15 cm ,kemudian pilih yang berlubang sedikit pada bagain bawahnya ,atau bisa diganti dengan timba / kaleng bekas .



Bokashi / kompos digunakan karena mempunyai unsur – unsur hara yang lengkap yang dibutuhkan tanaman,


 Bibit bawang putih

Bibit bawang putih berasal umbi bawang yang telah berumur minimal 3 bulan setelah panen dan disimpan ditempat yang kering dan teduh,tetapi juga harus melalui proses pemilihan yang tepat agar diperoleh bibit bawang putih yang berkualiatas.
Yang diperlukan lagi selain diatas antara lain : air ,sekop kecil, selang , Furadan 3 g / (Insektisida).


Cara menanam / budidaya bawang putih di pot /polibag

Masukkan bokashi / kompos kedalam kantong polibag / pot sampai agak penuh,(sebelumnya tambahkan furadan 3 g dahulu dua sendok makan),kemudian siram sampai basah merah ,selanjutnya benamkan  bibit bawang putih ¾ dari panjang bibit dan sudah di potong ujung nya agar tunas cepat tumbuh. Satu pot / polibag diberi 3 - 4 bibit ,jarak tanam  diatur sendiri.



                        




Perawatan tanaman bawang putih

Penyiraman tanaman yang masih baru dilakukan 2 hari  sehari ,kemudian setelah tumbuh dapat dikurangi menjadi 5 hari sekali dan setelah pemupukan atau bila tanah di pot / polibag terlihat kering .

Penyulaman dilakukan bila ada tanaman yang mati  diganti dengan bibit yang baru dan sehat.

Pemupukan tanaman bawang putih , karena tanah yang di gunakan adalah bokashi / kompos maka pemupukan kimia tidak perlu dilakukan ,hanya bila kurang vigor ,gunakan pupuk organik cair dan kalium cair, (pemupukan dilakukan pada umur 15 , 30 dan 45 hst )

Pembubunan yaitu menimbun kembali akar tanaman yang kelihatan akibat air siraman agar akar tanaman tidak kelihatan dan pembersihan gulma dilakukan 10 – 15 hari sekali agar rumput tidak memakan unsur hara pada tanah.


Hama dan penyakit

Hama dan penyakit bawang putih hampir sama dengan hama dan penyakit pada tanaman bawang merah ,bisa di lihat disini dan disini


Pemanenan bawang putih

Panen bawang putih bisa dilakukan ketika umur tanaman sudah mencapai 100 -120 hst .ditandai dengan ciri fisik antara lain : daun sudah mengering 50 % , batang tanaman sudah mengeras ,umbi sudah besar maksimal.



                





Demikian cara menanam / budidaya  bawang putih di pot/polibag .semoga bermanfaat .


0 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA BAWANG PUTIH DI POT /POLIBAG"