Latest News

CARA PENJEMURAN BAWANG MERAH SETELAH / PASCA PANEN



CARA PENJEMURAN BAWANG MERAH SETELAH /PASCA PANEN, setelah panen bawang merah pada umur 58-65 hst, tahapan selanjutnya adalah penjemuran daun bawang merah, penjemuran ini bertujuan menghilangkan atau mengurangi kadar air yang terdapat pada daun bawang merah, juga dapat membuat warna buah bawang merah menjadi lebih menyalak /merah merona.





Penjemuran daun bawang merah  juga dapat membuat berat bawang merah bertambah walaupun sedikit, karena kandungan air pada daun akan turun ke buah bawang merah, itu menurut pengalaman dan analisa para petani . tetapi ada juga setelah panen langsung dilakukan pemotongan daun bawang dan segera di kirim ke luar daerah untuk tujuan  konsumsi. Penjemuran bawang merah tidak tepat dapat menyebabkan warna buah tidak dapat menyalak / merah merona.bahkan buah dapat busuk bila penjemuran waktu musim hujan

Kembali lagi ke masalah penjemuran, ada dua tujuan penjemuran bawang merah menurut keperluannya :

1.     Penjemuran bawang merah untuk keperluan bibit

Penjemuran  bawang merah untuk keperluan bibit  daun bawang merah harus benar –benar kering ,agar nanti bila di tali / digendel dan disimpan tidak menjadi busuk yang disebabkan daun bawang merah masih mengandung air, penjemuran ini memerlukan waktu kurang lebih 3 hari , bila panas bulan juni- agustus,sedangkan pada saat musim hujan akan memakan waktu lebih lama.


2.     Penjemuran bawang merah untuk keperluan konsumsi

Penjemuran daun bawang merah untuk konsumsi tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama , cukup daun bawang merah terlihat  sudah layu ,maka bisa dilakukan pemotongan  daun dan selanjutnya  di pasarkan. Waktu yang dibutuhkan  untuk penjemuran relatif pendek yaitu 1- 2 hari.


Cara penjemuran bawang merah menurut musimnya

Mengetahui keadaan cuaca / musim memudahkan para petani untuk mengantisipasi bila ada keadan darurat


Penjemuran bawang merah pada saat musim hujan

Penjemuran bawang merah pada saat musim hujan berbeda dalam perlakuanya ,misalnya bawang merah harus ditempatkan betek /alas dari anyaman bambu dan bawahnya diberi jagrak / penopang dari bambu untuk memberi jarak dengan tanah bila hujan terjadi tidak tergenang air ,cara ini juga memudahkan penutupan bila terjadi hujan mendadak ,kita tinggal menarik plastik penutup yang diletakan disampingnya.




               Gb. Penjemuran bawang merah saat musim penghujan.


Pada penjemuran  bawang merah saat musim hujan,  daun bawang merah harus sering dibalik ,minimal 2 kali dalam sehari agar bagain dalamnya cepat kering dan tidak  mudah busuk.


Penjemuram bawang merah saat musim kemarau

Penjemuran bawang merah pada musim kemarau sangat mudah, karena tidak repot memperhitungkan air hujan, penjemuran ini biasa langsung di tanah tapi sebelumnya diberi alas dari anyaman bambu, dengan tetap di gendel / ditali atau juga bisa tali dilepas.

Dalam penjemuran bawang merah musim kemarau ,pembalikan daun bawang hanya dilakukan sekali atau bahakan tidak dibalik bila ikatan / gendelan atau tali dari bambu tidak dilepas.



              

         Gb. Penjemuran bawang merah pada musim kemarau



Demikian sedikit tentang  Cara penjemuran bawang merah setelah /pasca panen .semoga bermanfaat.


0 Response to "CARA PENJEMURAN BAWANG MERAH SETELAH / PASCA PANEN"