Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA BUNCIS DI POT/POLIBAG



CARA MENANAM / BUDIDAYA BUNCIS DI POT /POLIBAG , Tanaman buncis masuk dalam keluarga kacang –kacangan, tanaamn ini dimanfaatkan buah dan daunya untuk sayur .Menanam / budidaya buncis dapat dilakukan di tempat terbuka yang luas ladang atau sawah dan juga bisa dilakukan di tempat yang terbatas , misalnya di sekitar rumah di pot-pot atau polibag yang ditata rapi , juga sebagai hiasan rumah agar udara disekitarnya  segar.


    



Para penghobi tanaman biasanya menanam sayuran selain hobi juga dapat memenuhi kebutuhan sayuran sendiri  yang sehat.karena sayur organik yang ditanam. Menanam / budidaya buncis di pot /polibag sangat mudah ,siapa saja bisa melakukan asalkan tekun.berikut ini akan saya sampaikan cara menanamnya .

Cara menanam / budidaya buncis dipot/polibag.

Bahan –bahan yang perlu disiapkan antara lain:

1.      Pot atau polibag
Sediakan pot /polibag ukuran sedang dimeter sekitar 25 cm atau kurang  , tinggi 30 cm bisa juga menggunakan timba bekas atau wadah bekas lainya.

2.     Bokashi atau kompos
Sedikan bokashi atau kompos karena bokashi atau kompos mengandung unsur hara lebih lengkap dari tanah biasa yang di butuhkan untuk pertumbuhan tanaman,bokashi juga sudah aman dari gas kotoran hewan


                 




3.     Bibit buncis
Pilih bibit buncis yang berkualitas baik, genjah dan sesuai selara ,bibit buncis bisa didapat dari buah buncis yang sudah tua kemudian dijemur 3 hari ,kemudian disemaikan atau bisa membeli  di toko / kios pertanian.

4.     Yang dibutuhkan lainnya antara lain: air ,Furadan, selang ,sekop kecil,


Cara menanamnya

Bokashi / kompos dan tanah dicampur perbandingan 1:1 lalu tambahkan furadan 4-5 sendok makan sesuaikan dengan besar kecilnya pot / polibag , selanjutnya aduk dengan cangkul /sekop kecil sampai merata, kemudian masukkan ke pot /polibag. Bila memakai timba bekas ,bagaian baahnya harus dibuatkan lubang  sebagai drainase .Kemudian siram dengan dengan air sampai merata.

Selanjutnya ,tanam / benamkan benih buncis  3 -  4 biji  sedalam 3 cm kemudian tutup dengan sedikit tanah.


Perawatan tanaman buncis

Penyiraman tanaman yang masih baru dilakukan tiap hari ,pagi dan sore dan bila tumbuh penyiraman dilakukan  1 kali sehari.

Pemupukan tanaman pada umur 2 minggu untuk pemupukan pertama, pupuk yang dipakai jenis NPK dosis pemakaian 2 sendok makan dan tambahkan bokashi ,bila sudah tumbuh ,tambahkan sampai 3 sendok makan. Bila sudah berbunga dan berbuah pemupukan dilakukan satu minggu sekali dan agar buah tetap besar dan seragam.Cara pemupukan : buatkan parit melingkar lalu sebarkan  pupuk dan ditutup dengan tanah selanjutnya disiram sampai basah merata.

Penyiangan /pembersian gulma dilakukan 2 minggu sekali atau bila rumput liar telah tumbuh, ini dilakukan agra tanaman  buncis tidak terganggu.



                  



Perambatan tanaman, pasang ajir / tajuk untuk merambatkan batang atau golor  tanaman agar tumbuh keatas gunakan tajuk atau pasang tali kawat.
Pengendalian hama dan penyakit ,gunakan insektisida hayati untuk penanggulangan hama sedangkan fungisida juga hayati agar buah buncis tidak ada kandungan pertisidanya dan sehat di konsumsi.


Pemanenan buncis

Tanaman buncis siap dipanen mulai umur 45 hst tergantung juga varietas dan cara perawatanya ,Buah buncis yang siap dipetik mempunyai ciri fisik : ukuran buah sudah maksimal dan padat , warna sudah berubah dibandingkan dengan buncis muda.panen dapat dilakukan interval 3 – 4 hari . dan dapat dipanen dalam jangka waktu yang lama .



                      




Demikian  cara menanam / budidaya buncis di pot/polibag .semoga bermanfaat dan selamat mencoba .


0 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA BUNCIS DI POT/POLIBAG"