Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA KUBIS /KOL DI POT /POLYBAG



CARA MENANAM / BUDIDAYA KUBIS /KOL DI POT /POLYBAG , Kubis atau kol adalah tanaman hortikultura yang mempunyai umur relatif pendek yaitu 55- 60 hst  sudah dapat dipanen . untuk menanam / budidaya kubis atau kol dapat dilakukan di dataran tinggi maupun rendah karena sekarang sudah ada varietas yang cocok ditanam di dataran rendah.



                




Kubis / kol selain dibudidayakan dilahan yang luas ,juga bisa di budidaya kan dilahan sempit ,di pot /polybag yang diletakkan di samping atau belakang rumah , selain untuk tumbuhan hijau juga dimanfaatkan sebagai sayuran konsumsi untuk memenuhi kebutuhan sayuran rumah tangga .untuk membudidayakan kubis atau kol di pot/ polybag sangan mudah . lihat dibawah ini:


Cara menanam / budidaya kubis /kol di pot/polybag


Bahan yang perlu disiapkan antara lain:

1.     Pot atau polibag
Sediakan pot /polibag ukuran sedang dimeter sekitar 25 cm , tinggi 30 cm bisa juga menggunakan kaleng / timba bekas bila mengunakan kaleng / timba bebas ,bagaian bawahnya harus di lubangi untuk membuang air penyiraman.

2.     Bokashi atau kompos
Sedikan bokashi atau kompos karena bokashi atau kompos mengandung unsur hara lebih lengkap yang di butuhkan untuk pertumbuhan tanaman ,dan bokashi telah bersih dari gas amoniak  kotoran hewan.

3.     Bibit kubis
Pilih bibit kubis yang berkualitas baik, genjah dan sesuai keinginan ,bibit kubis  bisa di beli di toko / kios pertanian

4.     Air ,Furadan, selang ,sekop kecil.


Menanam / budidaya kubis / kol di pot /polibag


Bokashi dan tanah dicampur perbandingan 1:1 lalu tambahkan furadan 4-5 sendok makan sesuaikan dengan besar kecilnya pot / polibag , selanjutnya aduk dengan cangkul /sekop kecil sampai merata, kemudian masukkan ke pot /polibag. selanjutnya siram dengan dengan air sampai merata.
kemudian ,tabur beberapa  benih kubis pada  pot /polibag  atau benamkan biji kubis ketanah di pot sedalam 3 cm lalu tutup dengan sedikit tanah. Atau dengan cara disemaikan dulu benihnya seperti disini baru setelah tumbuh dipindah ke pot /polibag.



    




Perawatan tanaman kubis / kol

Penyiraman tanaman yang masih baru dilakukan 2 hari sekali dengan semprotan air yang tidak deras dan jangan sampai berlebihan airnya apabila  telah tumbuh penyiraman dilakukan  3  hari sekali dan setelah pemberian pupuk.

Penjarangan dilakukan untuk yang cara tanamanya disebar ,bila tanaman kubis / kol terlalu rapat ,tanaman kubis dicabut dan dipindahkan ke pot /polybag yang lain.

Pemupukan tanaman pada umur 10 hari untuk pemupukan pertama, pupuk yang dipakai jenis NPK dosis pemakaian 2 sendok makan dan tambahkan bokashi ,bila sudah tumbuh ,tambahkan sampai 3 sendok makan. Kemudian pemupukan dilakukan satu minggu sekali bila denga cara kocor , bila ditebar pemupukan dilakukan 2 minggu sekali. Pemupukan  terakhir pada umur 35- 40 hari .Cara pemupukan : buatkan parit melingkar kemudian taburkan pupuk dan ditutup dengan tanah selanjutnya disiram sampai merata.

Penyiangan /pembersian gulma dilakukan 2 minggu sekali atau bila rumput liar telah tumbuh, ini dilakukan agar tanaman kubis  tidak terganggu.



             




Penanggulangan Hama dan penyakit kubis /kol

Untuk menanggulangi hama pakailah insektisida hayati karena lebih ramah dan buah kubis sehat untuk di konsumsi , atau pasang jaring halus  ( net ) pada tanaman kubis agar kaper / hama pembawa telur bakal ulat daun tidak bisa masuk .
Penanggulangan penyakit juga gunakan fungisida yang ramah lingkungan yaitu fungisida hayati .


Penen tanaman kubis / kol

Tanaman kubis dapat dipanen mulai umur 55-60 hst, ciri buah kubis yang siap dipanen antara lain ukuran buah sudah maksimal ,bulat padat, buah terlihat mongkle  ( menggelantung ).cara panen dengan memotong tangkainya.


               




Demikian cara menanam / budidaya kubis di pot / polybag. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


1 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA KUBIS /KOL DI POT /POLYBAG"