Latest News

CARA MEMBUAT PERSEMAIAN BIBIT UBI JALAR





CARA MEMBUAT PERSEMAIAN BIBIT UBI JALAR,  Ubi jalar adalah jenis tanaman pangan pokok yang dikonsumsi sebagaian masyarak , Budidaya ubi jalar sebenarnya sangat menguntung kan bagi para petani karena perawatan mudah , hama dan penyakit sangat sedikit . Untuk membudidayakan ubi jalar terkadang terkendala dengan ketersediaan bibit dan kualitas yang cocok dengan keinginan kita . cara mengatasi ini kita dapat memyemaikan bibit ubi jalar sendiri , berikut ini hal –hal  yang perlu dilakukan 




                 

   Cara membuat persemaian bibit ubi jalar.

  Memilih bibit ubi jalar yang mempunyai kualitas baik 

    Pilih umbi ubi jalar ukuran sedang yang sehat varietas yang bagus antara lain Cilembu, Manohara, Pinky , ubi kriting dan lain –lain ,untuk penanaman ubi satu hektar dibutuhkan  bibit semai sebanyak 140 kg .

 Membuat bedengan dengan mengemburkan tanah menggunakan cangkul atau bajak kemudian taburkan bokashi secukupnya  secara merata dan cangkul untuk membentuk bedengan lebar 90 cm ,tinggi 30 cm jarak bedengan 50 cm , haluskan permukaan bedengan memudahkan pengairan cepat merata.

Selanjutnya penanaman bibit ubi jalar , buat parit kecil  lebar 6 cm kedalaman 10 cm dan jaraknya 25 cm untuk penanaman bibit , kemudian masukkan bibit satu persatu kedalam lubang 20 cm kemudian tutup dengan tanah dan selanjutnya lakukan pengairan secara merata .


Perawatan tanaman 

Penyiraman tanaman pertama dilakukan 10 hari untuk tanaman yang masih baru dan bila telah tumbuh penyiraman dilakukan 1minggu sekali agar jalar tanaman cepat tumbuh .

Pemupukan dilakukan pada umur 3 minggu , pupuk yang digunakan Za , Urea dan Phonska ,pupuk dicampur menjadi 1 dan disebarkan di parit dan selanjutnya dilakukan pengairan merata agar pupuk cepat meresap.

Pembersihan rumput dilakukan sekali ketika tanaman masih kecil yaitu 2 minggu.
Pembalikan daun tidak diperlukan biarkan tumbuh liar menjalar kesegala tempat.

Setelah umur 3 bulan benih sudah dapat di panen untuk di jadikan bibit dengan cara di potong –potong 25 -30 cm lalu diikat .



                
Demikian cara membuat persemaian bibit ubi jalar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


0 Response to "CARA MEMBUAT PERSEMAIAN BIBIT UBI JALAR"