Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA CABAI MERAH DI POT / POLIBAG





CARA MENANAM / BUDIDAYA CABAI MERAH DI POT / POLIBAG , Cabai merah adalah jenis tanaman hortikultura yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi ,tanaman ini dibudidayakan di sawah atau tegalan yang luas dan menghasilkan buah cabai merah yang melimpah , selain dibudidaya kan di lahan sawah atau tegalan ,tanaman cabai merah juga dapat di budidayakan di pot –pot atau polibag dengan perawatan yang intensif dan tepat , hasil panen juga dapat melimpah.

                        
  

Selain itu bagi para penghobi tanaman yang tempatnya terbatas  juga bisa menyalurkan hobinya dan memenuhi kebutuhan bumbu rumah tangga dengan menanam di pot / polibag.

Berikut ini  cara menanam / budidaya cabai merah di pot / polibag

Bahan –bahan yang perlu disiapkan antara lain:

1.        Pot atau polibag
Sediakan pot /polibag ukuran sedang dimeter sekitar 25 cm , tinggi 30 cm biasanya berwarna hitam ,bisa juga menggunakan kaleng / timba bekas bila mengunakan kaleng / timba bebas ,bagaian bawahnya harus di lubangi untuk membuang air penyiraman (drainase ).


2.        Bokashi atau kompos
Sedikan bokashi atau kompos karena bokashi atau kompos mengandung unsur hara lebih baik yang di butuhkan untuk pertumbuhan,dan bokashi telah bersih dari gas amoniak  kotoran hewan.dengan bokashi petumbuhan tanaman dapat cepat .


3.        Bibit cabai merah

                   
        

Pilih bibit cabai merah yang berkualitas baik, genjah dan sesuai keinginan ,bibit cabai merah bisa diperoleh di toko / kios pertanian ,atau membuat sendiri yaitu buah cabai merah yang matang di petik dan di potong belah dikeluarkan bijinya,lalu dijemur beberapa hari setelah itu baru  bisa digunakan ,langsung di tanam atau disemaikan dahulu di persemaian untuk persemaian , lihat di cara membuat persemaian.            

4.        Air ,Furadan, selang ,sekop kecil, ajir / tajuk dan tali.


Menanam cabai merah di pot /polibag

Bokashi dan tanah dicampur perbandingan 1:1 lalu tambahkan furadan 3-4 sendok makan sesuaikan dengan besar kecilnya pot / polibag , selanjutnya aduk dengan cangkul /sekop kecil sampai merata, kemudian masukkan ke pot /polibag. lalu siram dengan dengan air sampai merata. 

Selanjutnya ,benamkan benih /biji cabai merah   5-6  biji tiap pot /polibag sedalam 2 cm kemudian tutup dengan sedikit tanah. Atau bila menggunakan bibit yang telah disemaikan tinggal merobek polibag tapi tanah yang menempel pada akar jangan sampai lepas  kemudian tanah di lubangi selanjutnya bibit di masukan ,ditutup dengan tanah  dan ditekan untuk merapatkan .

            
                  

 Perawatan tanaman 

Penyiraman untuk tanaman yang masih baru dilakukan 2 hari sekali, kemudian bila telah bertunas baru, penyiraman dilakukan  5 – 7  hari sekali dan setelah pemupukan.

Penyulaman dilakukan bila ada tanaman mati /dan penjarangan dilakukan bila tanaman terlalu rapat .

Pemupukan pertama dilakukan umur 2 minggu setelah tanam ,gunakan pupuk Npk ½ sendok makan atau pupuk organik cair ½ tutupnya tiap polibag. Atau gunakan vietsin 1 sashet kecil untuk 1 polibag .Selanjutnya ,pemupukan dilakukan  2 minngu sekali untuk tabur dan 1minggu sekali untuk pupuk kocor /cair, dosis pemakain disesuaikan dengan tinggi dan besar tanaman.setelah pemupukan  dilakukan penyiraman merata.

Pembersihan rumput dilakukan 2 minggu sekali dengan mencabut rumput di sela –sela batang tanaman.

Pemasangan ajir / tajuk dilakukan bila tanaman tumbuh tinggi dan berbuah lebat agar tidak roboh ,bila di perkirakan tanaman cabai merah kuat menopang  buahnya ,tak perlu dipasang ajir /tajuk ,perlu juga dilakukan penimbunan tanah pada akar agar kokoh.


Penanggulangan hama dan penyakit cabai merah

Hama penyakit ditanggulangi dengan insektisida hayati agar buah  sehat dikonsumsi atau bila sudah tidak mampu baru digunakan insektisida kimiawi.

Penyakit cabai merah bila masih gejala bisa diatasi dengan fungisida hayati dan bila serangan telah menyebar banyak baru gunakan insektisida kimiawi.

Panen cabai merah

Tanaman cabai merah mulai berbunga umur 1 bulan ,dan pada umur 2,5 bulan sudah mulai masak berwarna hijau kemerahan untuk jenis tertentu seperti varietas Gada F1  sudah bisa dipanen .






Demikian cara menanam / budidaya cabai merah di pot / polibag  .semoga bermanfaat.



0 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA CABAI MERAH DI POT / POLIBAG"