Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA KACANG TANAH DI POT / POLIBAG



CARA MENANAM / BUDIDAYA KACANG TANAH DI POT /POLIBAG, Kacang tanah atau kacang brol  merupakan tanaman pertanian yang di manfaatkan buah atau umbi untuk di jadikan minyak untuk mencukupi kebutuhan manusia sehari- hari.


         


Menanam atau budidaya kacang tanah dapat dilakukan di lahan yang luas misalnya di kebun, disawah atau juga bisa dilakukan di pot –pot /polibag.untuk menanam / budidaya kacang tanah di pot / polibag tidak jauh berbeda dengan yang dilakukan di kebun atau sawah  , mungkin hanya pengairan yang sedikit berbeda. Berikut ini cara melakukan budidaya kacang tanah di pot / polibag


Cara menanam / budidaya kacang tanah di pot / polibag

Bahan –bahan yang perlu disiapkan antara lain:

1.     Pot atau polibag
Siapkan pot /polibag ukuran sedang dimeter sekitar 25 cm , tinggi 30 cm bisa juga menggunakan kaleng / timba bekas.


                     




2.     Bokashi atau kompos
Sedikan bokashi atau kompos karena bokashi atau kompos mengandung unsur hara lebih lengkap yang di butuhkan untuk pertumbuhan tanaman


3.     Bibit kacang tanah

Pilih bibit kacang tanah yang berkualitas baik, tidak kisut /tidak pecah dan dari pengupasan manual atau dengan tangan ( bila pengupasang dengan mesin biasanya bijinya pecah bagaian dalam)


              




4.     Air ,Furadan, selang ,sekop kecil.


Menanam / budidaya kacang tanah di pot /polibag

Bokashi dan tanah dicampur perbandingan 1:1 lalu tambahkan furadan 4-5 sendok makan sesuaikan dengan besar kecilnya pot / polibag , selanjutnya aduk dengan cangkul /sekop kecil sampai merata, kemudian masukkan ke pot /polibag. 
Kemudian siram dengan dengan air sampai merata.

Selanjutnya ,rendam dahulu bibit kacang tanah selama 2-3 jam agar cepat tumbuh ,selanjutnya penanaman ,benamkan benih kacang panjang 3 -4 biji tiap pot /polibag sedalam 3 cm kemudian tutup dengan sedikit tanah.

            

Perawatan kacang tanah

Penyiraman tanaman dilakukan 1 minggu kemudian dan bila telah tumbuh penyiraman dilakukan pada umur 35 ,70 dan ketika akan panen.
Pemupukan tanaman pada kacang tanah tidak perlu dilakukan karena tanaman ini sudah menyerap unsur N dari udara, bila ingin tanahnya tambah gembur tambahkan Phosphat 2 sendok makan tiap pot / polibag sebelum tanam


                 



Penyiangan /pembersian gulma dilakukan 2 minggu sekali atau bila rumput liar telah tumbuh, ini dilakukan agar  tanaman kacang tanah tidak terganggu.

Pengemburan disekitar tanaman dilakukan pada umur 28 hari agar bakal buah dapat masuk ke tanah dengan mudah.  
                     
Pengendalian hama dan penyakit , untuk mengendalikan ulat dan jenis kutu gunakan insektisida bahan aktif Imidakloprit ,sipermetrin dan profenophos   sedangkan untuk mencegah jamur dan bakteri gunakan fungisida bahan aktif Klorotalonil, bactocin. Sebaiknya kalo bisa semua penaggulangan hama dan penyakit digunakan insektisida dan fungisida hayati  .


Pemanenan  kacang  tanah

Tanaman kacang tanah dapat dipanen mulai umur 90 hst untuk tanah mnusim hujan , bila musim kemarau dapat dipanen sampai umur 105 hst. Ciri -ciri tanaman yang sudah tua antara lain : sebagaian daun kuning dan mengering , batang sudah rebah 85 %,biji kacang tanah sudah penuh atau berisi semua. Cara panen dengan mencabut batangnya kemudian buah dipetik dan dikumpulkan pada wadah.


         



Demikian cara menanan / budidaya kacang tanah di pot/polibag. Semoaga bermanfaat.


0 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA KACANG TANAH DI POT / POLIBAG"